IMPLEMENTASI DIPLOMASI PUBLIK UNI EMIRAT ARAB DALAM FORMULA ONE ABU DHABI GRAND PRIX TAHUN 2024

Jasmine, Siti Fatimah (2025) IMPLEMENTASI DIPLOMASI PUBLIK UNI EMIRAT ARAB DALAM FORMULA ONE ABU DHABI GRAND PRIX TAHUN 2024. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan "Nasional" Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover New)
21044010028_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
21044010028_BAB 1.pdf

Download (811kB)
[img] Text (Bab 2)
21044010028_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2028.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3)
21044010028_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2028.

Download (5MB)
[img] Text (Bab 4)
21044010028_BAB 4.pdf

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)

Abstract

Olahraga tidak hanya digunakan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kesehatan, namun juga berkembang menjadi komoditas yang menguntungkan sebuah negara. Formula 1 menjadi salah satu olahraga yang menarik bagi Uni Emirat Arab (UEA) untuk memanfaatkan ajang balap internasional Formula 1 sebagai alat diplomasi publik untuk meningkatkan citra positif dan legitimasi globalnya pada tahun 2024. Adanya penyelenggaraan Formula 1 Abu Dhabi Grand Prix di Sirkuit Yas Marina tahun 2024 tidak hanya membuat citra positif namun juga dapat menarik beragam wisatawan internasional untuk menikmati balapan di UEA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori taksonomi diplomasi publik oleh Nicholas J. Cull, yang terdiri dari lima komponen yaitu; listening, advocacy, cultural diplomacy, exchange diplomacy, dan international broadcasting. Digunakannya lima komponen ini berupaya untuk menganalisis bagaimana upaya diplomasi publik yang digunakan oleh pemerintah UEA dalam meningkatkan citra negara yang didukung oleh penggunaan Formula 1 Abu Dhabi Grand Prix. Menurut penelitian ini, UEA berhasil menggunakan olahraga sebagai strategi kekuatan lunaknya. Hasil menunjukkan bahwa Formula 1 bukan hanya kompetisi olahraga balap tetapi juga alat untuk mempengaruhi opini publik dalam meningkatkan daya tarik ekonomi. Kata Kunci: Diplomasi Publik, Uni Emirat Arab, Formula 1 Abu Dhabi Grand Prix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, Ario BimoNIDN6650700ariobimo.utomo@gmail.com
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Siti Fatimah Jasmine
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:48
Last Modified: 22 Dec 2025 03:55
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/48443

Actions (login required)

View Item View Item