Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata KANSA Wonosalam Jombang

Halim, Rahman Nur (2025) Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata KANSA Wonosalam Jombang. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21045010012_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
21045010012_Bab1.pdf

Download (459kB)
[img] Text (Bab 2)
21045010012_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (431kB)
[img] Text (Bab 3)
21045010012_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (449kB)
[img] Text (Bab 4)
21045010012_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (570kB)
[img] Text (Bab 5)
21045010012_Bab5.pdf

Download (296kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21045010012_Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text (Lampiran)
21045010012_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (580kB)

Abstract

Era digital membuat calon wisatawan semakin bergantung pada ulasan dan komentar di platform online untuk membentuk persepsi destinasi wisata. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi keputusan berkunjung adalah electronic word of mouth (eWOM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi eWOM yang terdiri dari intensity, valence of opinion, dan content terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Wisata Edukasi KANSA. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden, kemudian data dianalisis melalui regresi linear berganda setelah melalui uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensity, valence of opinion, dan content berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan berkunjung. Di antara ketiga dimensi, valence of opinion terbukti paling dominan dalam memengaruhi keputusan wisatawan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa eWOM berperan penting dalam membentuk keputusan berkunjung, sehingga pengelola Wisata Edukasi KANSA perlu mendorong ulasan positif, meningkatkan intensitas promosi, serta memperkaya konten digital. Kata Kunci: electronic word of mouth, intensity, valence of opinion, content, keputusan berkunjung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusanti, Ety DwiNIDN0001056814UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Tourism
Depositing User: Rahman Nur Halim
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:21
Last Modified: 15 Sep 2025 08:21
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/43592

Actions (login required)

View Item View Item