PERSEPSI FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @WIRALAGABAE MENGENAI UNGGAHAN SUSTAINABLE FASHION

Budiman, Royce Octa Biaggy (2025) PERSEPSI FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @WIRALAGABAE MENGENAI UNGGAHAN SUSTAINABLE FASHION. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
COVER_ROYCE OCTA_19043010041.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_ROYCE OCTA_19043010041.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II_ROYCE OCTA_19043010041.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_ROYCE OCTA_19043010041.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_ROYCE OCTA_19043010041.pdf

Download (656kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_ROYCE OCTA_19043010041.pdf

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ROYCE OCTA_19043010041.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ROYCE OCTA_19043010041.pdf

Download (548kB)

Abstract

Penelitianl ini bertujuanl untuk mengetahuil persepsi para pengikut (lfollowers) akunl Instagram @wiralagabael terhadap unggahanl yang berkaitanl dengan konsepl sustainable lfashion. Dalam konteks pertumbuhan kesadaranl lingkungan danl konsumsi fesyen yangl bertanggung jawab, medial sosial menjadil salah satu saranal strategis dalaml menyampaikan pesanl keberlanjutan kepadal khalayak, khususnya generasi muda. Penelitianl ini menggunakanl pendekatan kualitatifl dengan metodel deskriptif. Datal dikumpulkan melaluil wawancara mendalaml dengan sejumlah followersl aktif akun @wiralagabae dan dianalisis menggunakan teori persepsi dalam komunikasi serta konsep green consumer behavior. Hasill penelitian menunjukkanl bahwa mayoritasl followers memilikil persepsi positifl terhadap konten sustainablel fashion yangl diunggah olehl akun tersebut. Merekal menilai bahwa @wiralagabae mampu mengemas pesan keberlanjutan secara kreatif, relevan, dan mudah dipahami. Namun, ditemukan pula bahwa tingkat pemahaman dan penerimaan terhadap praktik sustainable fashion dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan individu, nilai konsumsi pribadi, dan intensitas interaksi dengan konten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi followers terhadap unggahan sustainable fashion sangat bergantung pada kualitas penyampaian pesan, kredibilitas akun, serta keterlibatan audiens dalam isu keberlanjutan itu sendiri. Kata kunci: persepsi, Instagram, sustainable fashion, media sosial, komunikasi keberlanjutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorChairil, Augustin MustikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Rocye Octa
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:05
Last Modified: 01 Aug 2025 02:05
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/41172

Actions (login required)

View Item View Item