Khofifah, Imtihana (2025) Evaluasi Penerimaan Pengguna Aplikasi Access By KAI Menggunakan Model TAM (Technology Acceptance Model). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text
21082010018-Cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21082010018-Bab1.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
21082010018-Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text
21082010018-Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
21082010018-Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text
21082010018-Bab 5.pdf Download (878kB) |
![]() |
Text
21082010018-Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21082010018-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Access by KAI merupakan aplikasi e-ticketing kereta api yang dikembangkan oleh PT Kereta Api Indonesia sebagai bagian dari transformasi layanan transportasi berbasis teknologi. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah proses pemesanan tiket dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih efisien bagi pengguna. Namun, transisi ke layanan digital ini menghadapi tantangan dalam adopsi teknologi oleh pengguna, yang tercermin dari rendahnya rating aplikasi serta munculnya berbagai keluhan terkait fitur, kenyamanan, dan performa layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor penerimaan yang memengaruhi niat pengguna dalam menggunakan aplikasi Access by KAI dengan menggunakan model modifikasi Technology Acceptance Model (TAM). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini mencakup Perceived Ease of Use, perceived usefulness, motivation, user experience, Trust, Behavioral Intention, dan actual system use. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif terhadap 445 responden pengguna aplikasi di wilayah Pulau Jawa. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use), manfaat yang dirasakan (perceived usefulness), motivasi, dan kepercayaan terbukti berpengaruh signifikan terhadap niat dan penggunaan aktual aplikasi Access by KAI. Temuan ini menunjukkan bahwa kenyamanan dalam penggunaan, persepsi terhadap manfaat, serta kepercayaan pengguna merupakan elemen penting dalam mendorong penerimaan dan keberlanjutan penggunaan aplikasi oleh pengguna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Imtihana Khofifah | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:34 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/40842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |