STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL TENTANG PENGALAMAN PEMAIN GAME PEREMPUAN DALAM MENGHADAPI PERILAKU TOXIC DI KOMUNITAS GAME ONLINE VALORANT

Putra, Ricky Fajar Adi (2025) STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL TENTANG PENGALAMAN PEMAIN GAME PEREMPUAN DALAM MENGHADAPI PERILAKU TOXIC DI KOMUNITAS GAME ONLINE VALORANT. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
18043010004.-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
18043010004.-BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
18043010004.-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
18043010004.-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
18043010004.-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (785kB)
[img] Text (BAB V)
18043010004.-BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18043010004.-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
18043010004.-DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman pemain perempuan dalam menghadapi perilaku toxic di komunitas game online Valorant. Fenomena ini dipilih karena meskipun perkembangan industri game semakin inklusif, namun ruang digital masih sarat dengan perilaku diskriminatif, pelecehan verbal, dan eksklusi simbolik terhadap perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual sebagaimana dikembangkan oleh Christine Hine (2000), untuk menyelami secara mendalam dinamika sosial dalam komunitas game. Teori performatif gender oleh Judith Butler (1990) digunakan untuk menganalisis negosiasi identitas yang dilakukan oleh pemain perempuan, sedangkan teori tentang toxic culture dalam game dari Rachel Kowert (2020) digunakan untuk memahami bagaimana perilaku toxic bekerja secara struktural dalam budaya bermain daring. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan empat informan perempuan pemain Valorant, observasi partisipatif di komunitas Discord dan dalam sesi permainan, serta dokumentasi digital percakapan dan interaksi dalam game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemain perempuan menghadapi berbagai bentuk kekerasan simbolik, mulai dari pelecehan verbal, pengucilan berbasis gender, hingga penyangkalan kompetensi. Dalam menyikapi hal tersebut, mereka mengembangkan strategi bertahan yang beragam, seperti tampil vokal sebagai bentuk resistensi, menyamarkan identitas gender untuk menghindari pelecehan, hingga membangun komunitas digital yang aman dan suportif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya toxic dalam game tidak dapat dipahami sebagai perilaku individu semata, tetapi sebagai struktur sosial yang memperkuat dominasi maskulinitas dalam ruang digital. Performa gender dalam komunitas game merupakan bentuk negosiasi yang terus berlangsung antara tekanan sosial, ekspektasi budaya, dan agensi perempuan untuk tetap hadir dan eksis. Studi ini menegaskan bahwa ruang digital, seperti Valorant, merupakan arena politik identitas yang memerlukan pendekatan kritis untuk membongkar ketimpangan gender yang terlembaga. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi kajian komunikasi digital, studi gender, serta advokasi untuk membentuk ruang daring yang lebih inklusif dan adil bagi semua pemain. Kata kunci: etnografi virtual, toxic culture, game online, perempuan, gender performatif, komunitas digital   ABSTRACT This study aims to explore the experiences of female players in facing toxic behavior within the online gaming community of Valorant. This phenomenon was chosen because, despite the increasingly inclusive growth of the gaming industry, digital spaces remain rife with discriminatory behavior, verbal harassment, and symbolic exclusion toward women. The research adopts a qualitative approach using virtual ethnography as conceptualized by Christine Hine (2000) to deeply examine the social dynamics within online game communities. Judith Butler’s (1990) theory of performative gender is used to analyze how female players negotiate their identities, while Rachel Kowert’s (2020) framework on toxic culture in games provides insight into how toxicity operates structurally within gaming environments. Data were collected through in-depth interviews with four female Valorant players, participatory observations in Discord communities and game sessions, and digital documentation of in-game interactions and conversations. The findings reveal that female players experience various forms of symbolic violence, including verbal harassment, gender-based exclusion, and denial of competence. In response, they employ diverse coping strategies, such as vocal resistance, concealing their gender identity to avoid harassment, and creating safe and supportive digital communities. The study concludes that toxic culture in games should not be seen merely as a result of individual behavior, but rather as a social structure that reinforces masculinity dominance in digital spaces. Gender performance in gaming communities is an ongoing negotiation between social pressure, cultural expectations, and female agency to remain visible and engaged. This research highlights that digital platforms like Valorant are political arenas of identity that require critical approaches to uncover embedded gender inequalities. The findings aim to contribute to the fields of digital communication, gender studies, and advocacy for more inclusive and equitable online environments for all players. Keywords: virtual ethnography, toxic culture, online games, women, gender performativity, digital community

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZamzamy, AhmadNIDN0701128305ahmadzamzamy83@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Ricky Fajar Adi Putra
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:57
Last Modified: 02 Sep 2025 02:57
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/40308

Actions (login required)

View Item View Item