Limbong, Rosalena Brigita (2025) Pengembangan Game Edukasi Sejarah Perebutan Gudang Senjata Don Bosco dengan Branching Narrative. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (COVER)
21081010183_Skripsi_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
21081010183_Skripsi_bab 1.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
21081010183_Skripsi_bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2028. Download (510kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
21081010183_Skripsi_bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2028. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 4)
21081010183_Skripsi_bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2028. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 5)
21081010183_Skripsi_bab 5.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21081010183_Skripsi_daftar pustaka.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21081010183_Skripsi_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2028. Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital membuka peluang inovasi metode pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran sejarah yang sering dianggap membosankan. Penelitian ini mengembangkan game edukasi RPG 2D berbasis branching narrative untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap peristiwa Perebutan Gudang Senjata Don Bosco di Surabaya. Game ini dirancang dengan pola branch and bottleneck, di mana pemain dapat memilih berbagai jalur cerita, namun alur akan kembali ke titik utama tertentu untuk menjaga kesinambungan dan kesesuaian dengan fakta sejarah. Penelitian ini melibatkan 30 siswa SMP dengan menggunakan desain pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman sejarah, dengan rata-rata kenaikan skor sebesar 32,4 poin (p < 0,001) dan efek besar (Cohen’s d = 1,328). Evaluasi pengalaman pengguna menggunakan instrumen GUESS-18 menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 3,96 dari 5, dengan aspek edukasi memperoleh skor tertinggi (4,26). Fitur branching narrative (3,85) dan side quest (3,85) terbukti menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa game edukasi dengan pendekatan branching narrative efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan mendorong keterampilan berpikir kritis melalui simulasi pengambilan keputusan. Model ini berpotensi menjadi alternatif pembelajaran sejarah yang adaptif di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Rosalena Brigita Limbong | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:17 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |