Sadiya Purwadwika, Reza and Kirana Putri Isyanto, Aisyah (2025) PEMETAAN PAUD DI KABUPATEN MALANG BERDASARKAN JUMLAH BANGUNAN DAN TENAGA PENDIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING K-MEANS. Project Report (Praktek Kerja Lapang). Fakultas Ilmu Komputer, Surabaya. (Unpublished)
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 18 June 2028. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 18 June 2028. Download (138kB) |
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membentuk dasar perkembangan anak sejak dini. Kabupaten Malang, sebagai salah satu daerah yang terus mengalami perkembangan, memiliki kebutuhan untuk memahami dengan baik distribusi dan kualitas PAUD di wilayahnya. Pemetaan PAUD di Kabupaten Malang berdasarkan jumlah bangunan PAUD dan tenaga pendidik PAUD menjadi langkah awal untuk menyediakan data yang akurat dan terkini terkait keberadaan lembaga PAUD di setiap kecamatan di Kabupaten Malang. Metode clustering K-Means digunakan sebagai pendekatan untuk mengelompokkan lembaga PAUD berdasarkan kesamaan karakteristik jumlah bangunan dan tenaga pendidik. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup informasi jumlah bangunan PAUD dan jumlah tenaga pendidik PAUD di setiap kecamatan di Kabupaten Malang. Proses penelitian dimulai dengan pengumpulan data data sekunder dari sumber terpercaya. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dinormalisasi untuk memastikan konsistensi dalam perbandingan. Selanjutnya, metode K-Means diterapkan untuk mengelompokkan kecamatan di Kabupaten Malang menjadi beberapa klaster berdasarkan kesamaan karakteristik PAUD. Hasil dari penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang distribusi geografis lembaga PAUD di Kabupaten Malang. Klaster yang dihasilkan oleh metode K-Means memungkinkan identifikasi wilayah-wilayah dengan karakteristik serupa terkait jumlah bangunan PAUD dan tenaga pendidik PAUD. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, untuk merancang kebijakan yang lebih tepat sasaran dan efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Malang. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pemetaan pendidikan dan memberikan landasan yang kuat untuk perencanaan strategis dan alokasi sumber daya. Dengan mengadopsi pendekatan clustering K-Means, penelitian ini memberikan solusi analitis yang efektif untuk memahami pola distribusi PAUD di tingkat lokal, yang dapat diadaptasi oleh wilayah lain dengan tantangan serupa.
Item Type: | Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang)) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Data Science | ||||||||
Depositing User: | Aisyah Kirana Putri Isyanto | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 01:32 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 01:32 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/38465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |