ANALISIS POLA PAIN POINTS DARI DATA KUALITATIF DALAM UX RESEARCH MENGGUNAKAN K-MEANS DAN NLTK

Ulummuddin, Ikhya (2025) ANALISIS POLA PAIN POINTS DARI DATA KUALITATIF DALAM UX RESEARCH MENGGUNAKAN K-MEANS DAN NLTK. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
cover-repo_compressed.pdf

Download (428kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2_compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2026.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 3)
bab 3_repo.pdf
Restricted to Registered users only until 24 June 2026.

Download (204kB)
[img] Text (Bab 4)
bab 4_repo.pdf
Restricted to Registered users only until 24 June 2030.

Download (481kB)
[img] Text (Bab 5)
bab 5_repo.pdf

Download (98kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka_repo.pdf

Download (115kB)

Abstract

Dalam framework design thinking, tahap empathize dan define merupakan bagian dari proses User Experience (UX) research yang bertujuan untuk menganalisis pain points pengguna melalui data kualitatif. Namun, proses tersebut selalu dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan sumber daya dan waktu yang lebih. Penelitian ini mengembangkan sistem klasterisasi berbasis unsupervised machine learning untuk menganalisis data kualitatif berdasarkan topik pain points-nya menggunakan algoritma K-Means. Sebagai objek penelitian, digunakan data ulasan pengguna aplikasi Gojek versi 4.9.0, 4.9.1, dan 4.9.3 (November 2021 hingga Januari 2024). Proses text preprocessing dilakukan menggunakan pendekatan Natural Language Processing (NLP) dengan pustaka NLTK Sistem diuji dengan variasi parameter jumlah klaster dan reduksi komponen Principal Component Analysis (PCA). Evaluasi hasil klasterisasi dilakukan menggunakan silhouette score, Davies-Bouldin Index, dan Calinski-Harabasz Index. Hasil terbaik diperoleh pada jumlah klaster sebanyak 8 dengan silhouette score sebesar 0.6512, Davies-Bouldin Index sebesar 1.0818, Calinsiki-Harabasz Index sebesar 4.9126. Rata-rata waktu komputasi yang dibutuhkan sistem tercatat selama 7.85 detik. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem cukup efektif dalam mengelompokkan data kualitatif berdasarkan pola pain points. Sistem yang dikembangkan dapat dimanfaatkan oleh UX researcher untuk analisis data secara otomatis dan efisien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSari, Anggraini Puspita0716088605anggraini.puspita.if@upnjatim.ac.id
Thesis advisorSwari, Made Hanindia Prami0805028901madehanindia.fik@upnjatim.ac.id
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer Programming
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Ikhya Ulummuddin
Date Deposited: 20 Jun 2025 03:38
Last Modified: 20 Jun 2025 03:38
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/37515

Actions (login required)

View Item View Item