Ningtyas, Silvia Ayu (2025) Evaluasi Penerimaan Pengguna Wondr by BNI menggunakan EWOM. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (cover)
21082010011-cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (bab 1)
21082010011-bab1.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (bab 2)
21082010011-bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 27 May 2027. Download (189kB) |
![]() |
Text (bab 3)
21082010011-bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 27 May 2027. Download (807kB) |
![]() |
Text
21082010011-bab4.pdf Restricted to Repository staff only until 27 May 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text (bab 5)
21082010011-bab5.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
21082010011-daftarpustaka.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
21082010011-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Wondr by BNI merupakan inovasi terbaru yang menggantikan aplikasi BNI Mobile Banking, menghadirkan fitur lebih lengkap dan layanan keuangan yang lebih personal. Dalam proses adopsinya, Wondr by BNI menghadapi tantangan dalam membangun kepercayaan dan mendorong minat pengguna untuk beralih dari aplikasi sebelumnya. Salah satu hal penting yang memengaruhi keputusan adopsi pengguna adalah Electronic Word of Mouth (eWOM), karena ulasan dan pengalaman pengguna lain sering dijadikan referensi utama sebelum menggunakan layanan digital, khususnya di era media sosial. Skripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh eWOM dan tingkat keterlibatan konsumen (consumer involvement) dalam kerangka Elaboration Likelihood Model (ELM) terhadap penerimaan aplikasi mobile banking Wondr by BNI. Penelitian ini melibatkan 401 responden di Surabaya dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa valence, volume, initial trust, dan consumer involvement memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan aplikasi. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya membangun kepercayaan dan mendorong keterlibatan aktif pengguna dalam memperkuat keputusan adopsi Wondr by BNI. Hal ini dibuktikan melalui pengujian path coefficient dengan nilai p-values < 0,05 dan T-statistic > 1,96. Dengan demikian, ulasan, jumlah eWOM, tingkat kepercayaan awal, serta keterlibatan pengguna terbukti berperan penting dalam mendorong adopsi aplikasi Wondr by BNI. Kata kunci: Wondr by BNI, Electronic Word of Mouth, Elaboration Likelihood Model, Mobile Banking, PLS-SEM
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems |
||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Silvia Ayu Ningtyas | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:08 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |