Aulia, Kartika (2025) Analisis Perancangan SOP Manajemen Insiden TI Menggunakan Framework ITIL V3 (Studi Kasus: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
![]() |
Text (Cover)
21082010179_Cover (1).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
21082010179_BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text (BAB II)
21082010179_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2028. Download (221kB) |
![]() |
Text (BAB III)
21082010179_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2028. Download (49kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
21082010179_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2028. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
21082010179_BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 16 May 2028. Download (9kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21082010179_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only until 16 May 2028. Download (219kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21082010179_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2028. Download (0B) |
Abstract
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu lembaga pemerintah non-kementrian yang bertugas dalam mengelola data statisik. Dalam menjalankan operasionalnya, BPS sangat bergantung pada penggunaan Teknologi Informasi (TI) yang mana tidak luput dari beberapa insiden atau gangguan yang dapat menghambat kinerja TI serta berpotensi menimbulkan permasalahan yang lebih besar. Saat ini, BPS Jawa Timur belum memiliki prosedur khusus yang terstruktur dalam menangani insiden pada TI sehingga proses penanganan berjalan tidak konsisten dan belum terdokumentasi dengan baik. Oleh karena itu, dilakukan perancangan SOP Manajamen Insiden TI guna menstandarisasi penanganan insiden menggunakan framework ITIL V3. Framework ini dipilih karena terdapat domain Service Operation yang menyediakan panduan terbaik yang selaras dengan kebutuhan penelitian dalam menangani insiden TI. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber pada RACI Chart. Berdasarkan hasil analisis dan perancangan diperoleh 9 SOP untuk penanganan beberapa jenis insiden TI yang dilengkapi dengan dokumen pencatatan, panduan prioritas dan formulir kepuasan penganan insiden. Kelengkapan SOP tersebut dirancang dalam bentuk desain mockup yang telah disesuaikan dengan kondisi terkini pada organisasi. Dengan adanya SOP ini diharapkan dapat membantu BPS Jawa Timur dalam menstandarisasi penanganan insiden menjadi lebih terstruktur dan terdokumentasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Kartika Aulia | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 07:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 May 2025 07:28 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |