OPTIMASI PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS PODCAST MENGGUNAKAN FRAMEWORK KOTLIN DAN ALGORITMA HYBRID RECOMMENDER SYSTEM UNTUK REKOMENDASI KONTEN

Anugerah, Rico Putra (2024) OPTIMASI PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS PODCAST MENGGUNAKAN FRAMEWORK KOTLIN DAN ALGORITMA HYBRID RECOMMENDER SYSTEM UNTUK REKOMENDASI KONTEN. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20081010024.-cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
20081010024.-bab 1.pdf

Download (518kB)
[img] Text (Bab 2)
20081010024.-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2026.

Download (775kB)
[img] Text (Bab 3)
20081010024.-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2026.

Download (3MB)
[img] Text (Bab 4)
20081010024.-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2026.

Download (2MB)
[img] Text
20081010024.-bab 5.pdf

Download (491kB)
[img] Text
20081010024.-daftar pustaka.pdf

Download (496kB)

Abstract

Keterampilan berbahasa merupakan keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk menyampaikan makna dari yang ingin kita sampaikan serta memahami makna dari pihak lain (IMS Widyantara, 2020). Penguasaan akan keterampilan berbahasa dinilai dari empat aspek yaitu, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pengembangan keterampilan berbahasa aspek menyimak adalah prioritas pertama dikarenakan pemahaman kosakata merupaka pra-syarat untuk aspek berbicara, membaca, dan menulis. Memprioritaskan aspek menyimak juga dapat mempercepat pembelajaran aspek lainnya sehingga dapat peningkatan pembelajaran bahasa (Wiwoho, 2020). Aspek menyimak memiliki beberapa cara yang dapat digunakan untuk peningkatan keefektifan pembelajaran, yaitu salah satunya adalah pembelajaran menggunakan podcast. Podcast merupakan produk teknologi yang dapat memutar sebuah audio ke ponsel, laptop, perangkat media melalui internet. Banyak kreator yang membuat konten Podcast berbicara mengenai topik-topik tertentu yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dalam aspek menyimak (Velia Yuda Gusfira, 2022). Penelitian ini menyajikan aplikasi mobile untuk peningkatan keterampilan aspek dalam menyimak berbasis podcast yang memiliki hasil 82,6 untuk pengujian menggunakan System Usability Scale. Terdapat juga sistem rekomendasi menggunakan metode Hybrid Recommender System untuk penyesuaian konten dari perilaku pengguna aplikasi dan kemiripan konten yang memiliki hasil Accuracy 85,28, Precision 86,64%, Recall 85,16%, F1-Measure 85,24%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNugroho, BudiNIDN0707098003budinugroho.if@upnjatim.ac.id
Thesis advisorAl Haromainy, Muhammad MuharromNIDN0701069503muhammad.muharrom.if@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Rico Putra Anugerah
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:32
Last Modified: 20 Sep 2024 03:32
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/29626

Actions (login required)

View Item View Item