Implementasi Pembelajaran Interaktif Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Di SDN 060890 Medan Polonia

Simamora, Anatia (2026) Implementasi Pembelajaran Interaktif Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Di SDN 060890 Medan Polonia. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1 (2). pp. 53-63. ISSN e-ISSN : 2987-8586

[img] Text
20043010202_Jurnal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Literasi yang baik memungkinkan individu untuk memperoleh pengetahuan dan memperluas wawasan mereka. Kemampuan numerasi, di sisi lain, memungkinkan seseorang untuk memahami dan menggunakan angka, data, dan konsep matematika dalam berbagai situasi. UPT SDN 060890 merupakan sekolah yang memiliki kemampuan literasi dan numerasi rendah berdasarkan hasil ANBK tahun 2021. Diperlukan pembelajatan interaktif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti hendak menggambarkan implementasi pembelajaran interaktif kampus mengajar di SDN 060890 Medan Polonia dan bagaimana hasilnya terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang akan disimpulkan melalui hasil AKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif . Melalui hasil AKM siswa pada kelas 5 di SDN 060890 Medan Polonia dapat dilihat dengan jelas terjadi peningkatan literasi dan numerasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil AKM yang menunjukkan peningkatan persentase kemampuan literasi sebanyak 11 % dan peningkatan numerasi sebanyak 14%. dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif terbukti memiliki dampak dalam peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SDN 060890 Medan Polonia.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTranggono, DidiekNIDN195812251990011001di2ektranggono
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Student Anatia Simamora
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:20
Last Modified: 20 Aug 2024 04:21
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/28305

Actions (login required)

View Item View Item