PRAMESWARI, ANGGITA and JAWHARAH, FAIRUZ and ARIFVIANDO, FIKRI and FERNALDY, FABIYAN A. and ANANDA, AHMAD IHZA and Elfirdaus, Ivana and Hermawan, Anastasya Zalsabilla and Simanjorang, Veby Pebiola Br and SITOMPUL, BYANCA REBECCA Y. and PUTRA, IRVAN PRATAMA LAPORAN AKHIR NON KULIAH KERJA NYATA TEMATIK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA TINGKATKAN KREATIVITAS BERSAMA FIGMA: SOSIALISASI DESAIN DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH 11 SURABAYA. UPN VETERAN JAWA TIMUR.
Text (COVER)
20082010099_COVER.pdf Download (892kB) |
|
Text (BAB 1)
20082010099_BAB 1.pdf Download (364kB) |
|
Text (BAB 2)
20082010099_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 16 August 2026. Download (206kB) |
|
Text (BAB 3)
20082010099_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 16 August 2026. Download (608kB) |
|
Text (BAB 4)
20082010099_BAB 4.pdf Download (201kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
20082010099_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20082010099_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (33MB) |
Abstract
Peran teknologi saat ini telah menjadi kebutuhan dasar di berbagai kalangan, termasuk anak muda, orang tua, para ahli, dan masyarakat umum. Meskipun memberikan manfaat besar dalam mempermudah kehidupan sehari-hari dan mengoptimalkan pekerjaan, penggunaan teknologi pada anak-anak juga menimbulkan dampak negatif, memerlukan pengawasan dan bimbingan dari orang dewasa. Perkembangan terkini dalam UI/UX menarik minat kalangan muda untuk memilih profesi sebagai desainer. Figma, sebagai aplikasi desain digital, populer di berbagai usia, termasuk remaja, pekerja profesional, freelancer, dan IT. Potensi Figma sebagai media pembelajaran kreatif untuk anak-anak menjadi signifikan dengan antarmuka intuitif dan fitur vektor yang mudah digunakan. Hambatan muncul pada minimnya kesadaran dan aksesibilitas terhadap Figma di kalangan siswa sekolah dasar, khususnya di SD Muhammadiyah 11 Surabaya. Inisiatif pelatihan Figma untuk siswa kelas 6 di sekolah tersebut menjadi langkah penting untuk mengatasi hambatan, memberikan pengetahuan relevan, dan membuka ruang bagi pengembangan kreativitas dalam lingkungan digital yang aman. Pelatihan dijadwalkan pada 4 Desember 2023, dengan pembentukan kelompok, pengenalan materi Figma, dan praktik membuat mockup aplikasi. Program ditutup dengan penghargaan bagi siswa dengan tampilan mockup terbaik. Dengan demikian, diharapkan bahwa pelatihan ini akan memberikan pemahaman dan keterampilan yang berharga kepada siswa, memberikan dorongan untuk eksplorasi lebih lanjut, dan memberi mereka landasan yang solid untuk menghadapi tantangan teknologi masa depan.
Item Type: | Other | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics |
||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Anggi Anggita Prameswari | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:17 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/28296 |
Actions (login required)
View Item |