Pemanfaatan Wadah Cat Sebagai Alat Fermentor Pembuatan Pupuk Padat di Desa Kalipucang

Sa'adah, Tantri Nailis (2024) Pemanfaatan Wadah Cat Sebagai Alat Fermentor Pembuatan Pupuk Padat di Desa Kalipucang. (Unpublished)

[img] Text (Jurnal Joong-Ki_Pemanfaatan Wadah Cat Sebagai Alat Fermentor Pembuatan Pupuk Padat di Desa Kalipucang_Tantri Nailis Sa'adah)
Jurnal Joong-Ki_Pemanfaatan Wadah Cat Sebagai Alat Fermentor Pembuatan Pupuk Padat di Desa Kalipucang_Tantri Nailis Sa'adah.pdf

Download (289kB)

Abstract

Desa Kalipucang merupakan desa yang memiliki potensi alam melimpah khususnya di bidang perkebunan seperti perkebunan pisang, kopi, dan durian. Perkebunan di desa Kalipucang belum tumbuh dengan sempurna karena masih menggunakan pupuk kimia anorganik, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas hasil perkebunan tersebut dengan menggunakan pupuk organik. Tim Bina Desa Kalipucang Teknik Kimia UPN ”Veteran” Jawa Timur 2023 melakukan pemanfaatan wadah cat sebagai alat fermentor pembuatan pupuk padat. Alat fermentor diperlukan untuk proses fermentasi. Alat tersebut dibuat dari wadah cat yang dapat memproduksi pupuk organik dalam jumlah yang banyak. Pupuk organik padat yang dibuat oleh Tim Bina Desa merupakan pupuk yang terbuat dari bahan organik seperti pelepah pisang dan kulit pisang dengan memanfaatkan EM4 (Efective Microorganism-4) atau Mikroorganisme Lokal (MOL). Selanjutnya Tim Bina Desa melakukan sosialisasi pembuatan pupuk padat yang bertujuan memberikan informasi mengenai cara pembuatan pupuk padat sehingga masyarakat Desa Kalipucang dapat melakukan praktik pembuatan pupuk padat di tempat masing-masing.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYogaswara, Rachmad RamadhanNIDN0022048903UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP155 Chemical engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Chemical Engineering
Depositing User: Tantri Nailis Sa'adah
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:31
Last Modified: 29 Jul 2024 08:31
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27748

Actions (login required)

View Item View Item