HUTAN TANAMAN OBAT (HTO) INOVASI BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI BKPH LAWANG BARAT KPH PASURUAN

Gevyma, Tharis Iftikhor (2024) HUTAN TANAMAN OBAT (HTO) INOVASI BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI BKPH LAWANG BARAT KPH PASURUAN. Gevyma Tharis Iftikhor.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (991kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 2 Metode Pelaksanaan)
BAB 2 Metode Pelaksanaan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 Keadaan Umum)
BAB 3 Keadaan Umum Mitra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 Hasil dan Pembahasan)
BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 Rekognisi)
BAB 5 Rekognisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 Kesimpulan)
BAB 6 Kesimpulan.pdf

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Program MBKM salah satunya yaitu kegiatan Magang Mandiri yang merupakan program yang diadakan oleh pemerintah kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja di industri atau lembaga luar kampus. Magang Mandiri ini dilaksanakan di Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, pelaksanaanya selama 4 bulan terhitung dari tanggal 12 Februari – 21 Juni 2024. Lokasi magang dan kegiatan yang dilakukan berhubungan linear dengan jurusan Agribisnis. Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, memiliki fokus yang kuat terhadap pengelolaan, pemberdayaan, dan pelestarian hutan yang berkelanjutan. Perusahaan Umum (Perum) Perhutani Divisi Regional Jawa Timur merupakan bagian dari unit kerja Perum Perhutani yang mengelola hutan di Provinsi Jawa Timur dengan luas hutan yang dikelola oleh Perum Perhutani Divisi Regional di Jawa Timur adalah seluas 1.116.074,23 hektar. Metode Pembelajaran di Perum Perhutani dimulai dari pengenalan profil Perusahaan, mempelajari mengenai pola agroforestry, menginput data pendapatan agroforestri, menginput rencana realisasi agroforestri dan ikut serta dalam kegiatan dinas luar yang diadakan oleh divisi agroforestri. Tujuan diadakannya kegiatan magang mandiri yaitu mahasiswa dapat belajar tentang pengelolaan kawasan hutan serta mengembangkan inovasi pertanian dalam bentuk sistem agroforestri. serta rekomendasi pengembangan berkelanjutan agroforesti untuk Kawasan tanaman mahoni. KPH Pasuruan menjadi salah satu tempat yang dapat dikembangkan pola agroforestry dengan menggabungkan tanaman obat dengan mahoni dikarenakan daerah tersebut perlu inovasi terbaru bagi sistem kehutanan yang berkelanjutan. Agroforestri tanaman obat di kawasan mahoni adalah praktik integrasi tanaman obat dengan pohon mahoni di lahan yang dikelola oleh Perhutani. Ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan, mendiversifikasi sumber pendapatan, dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Dalam sistem ini, tanaman obat ditanam di antara pohon mahoni, memanfaatkan ruang yang ada tanpa mengganggu pertumbuhan pohon utama. Praktik ini mendukung pelestarian keanekaragaman hayati, meningkatkan kesehatan tanah, dan menyediakan bahan baku untuk industri obat tradisional, sekaligus memberikan manfaat ekonomi tambahan bagi masyarakat sekitar.

Item Type: Other
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyadi, Taufik20119660 830250taufiksetyadi.agri@upnjatim.ac.id
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Departement of Agribusiness
Depositing User: Gevyma Tharis Iftikhor
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:44
Last Modified: 30 Jul 2024 03:44
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27674

Actions (login required)

View Item View Item