ANALISIS MAINTENANCE ENGINE DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA ENGINE PESAWAT AIRBUS DI PT GMF AEROASIA Tbk (Base SUB)

Rizaldi, Ryan (2024) ANALISIS MAINTENANCE ENGINE DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA ENGINE PESAWAT AIRBUS DI PT GMF AEROASIA Tbk (Base SUB). Project Report (Praktek Kerja Lapang). UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
20036010013_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1)
20036010013_BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text (Bab 2)
20036010013_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 22 July 2027.

Download (179kB)
[img] Text (Bab 3)
20036010013_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 22 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 4)
20036010013_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 22 July 2027.

Download (32kB)
[img] Text (Bab 5)
20036010013_BAB 5.pdf

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20036010013_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Lampiran)
20036010013_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 July 2027.

Download (8MB)

Abstract

Maintenance sering diartikan sebagai tindakan pemeliharaan atau perawatan. Pemeliharaan atau perawatan adalah konsep aktivitas yang diperlukan untuk menjaga kualitas mesin agar dapat beroperasi dengan baik, seperti dalam keadaan normal. Di sisi lain, Line Maintenance mencakup pelaksanaan setiap aktivitas pemeliharaan pada pesawat udara, baik secara terjadwal maupun tidak, untuk memastikan bahwa pesawat tersebut layak terbang. Dalam proses Line Maintenance di PT GMF AeroAsia Tbk (Base SUB) selama enam bulan, dilakukan perawatan pesawat pada dua tipe, yaitu Scheduled Maintenance dan Unscheduled Maintenance. Scheduled Maintenance adalah kegiatan perawatan yang telah terjadwal sesuai dengan interval pesawat yang sudah direncanakan pada maintenance planning. Perawatan pesawat ini melibatkan Before Departure Check, Transit Check, 24 Hours Check, Daily Check, dan Weekly Check. Unscheduled Maintenance adalah data suatu kejadian yang bukan dari kecelakaan pesawat, melainkan berkaitan dengan pengoperasian pesawat udara yang mempengaruhi keselamatan penerbangan. Kerusakan pesawat yang disebabkan oleh abu vulkanik menjadi sebuah tantangan serius dalam keamanan penerbangan. Dampak pada engine pesawat yang rentan terhadap abu vulkanik karena partikel-partikel kecil dapat masuk ke dalam mesin dan menyebabkan gesekan berlebihan di antara komponen-komponen mesin. Berdasarkan hasil mengambil topik analisis maintenance engine menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) pada engine pesawat Airbus di PT GMF AeroAsia Tbk (Base SUB) yaitu ditemukan sebanyak 6 mode kegagalan pada engine pesawat Airbus. Dari analisis tersebut, terungkap bahwa pada setiap komponen engine pesawat Airbus. Komponen dengan nilai tertinggi didapatkan FMEA berdasarkan nilai RPN paling tinggi, yaitu komponen Filter Sistem Pelumasan dengan nilai RPN sebesar 72. Dari analisis tingkat kritis mendapat Category nilai A. Hal ini, disebabkan adanya abu vulkanik yang masuk ke dalam engine. Penanganan ini hal yang serius dan dilakukan prioritas, dengan melakukan pergantian Filter Sistem Pelumasan dan pergantian peluamas sangat diharuskan untuk memastikan bahwa mesin pesawat pulih sepenuhnya dari efek negatif abu vulkanik. Adapun rekognisi mata kuliah 20 SKS yang dicapai oleh mahasiswa melibatkan mata kuliah Praktik Kerja Lapangan, Kuliah Kerja Nyata, Reliabilitas dan Maintenance, Turbin Gas dan Sistem Propulsi, Mesin Konversi Energi II, Teknik Aerodinamika, Sistem Tenaga Hidrolik dan Pneumatik, K3L Lingkungan, Sistem Kendali, Perpindahan Kalor dan Massa II. Pada kegiatan ini, mahasiswa melakukan pembelajaran dan penerapan yang dilakukan selama magang.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSari, Tria PuspaNIDN6770554UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Mechanical Engineering
Depositing User: Ryan Rizal Ryan Ryan
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:22
Last Modified: 23 Jul 2024 02:22
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27184

Actions (login required)

View Item View Item