IMPLEMENTASI PENANGANAN PENGADUAN “SAMBAT NANG CAK ERI” DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN SEMOLOWARU KOTA SURABAYA

OKTAVIANINGRUM, AYU (2024) IMPLEMENTASI PENANGANAN PENGADUAN “SAMBAT NANG CAK ERI” DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN SEMOLOWARU KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img] Text (COVER)
20041010224_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20041010224_BAB 1.pdf

Download (786kB)
[img] Text (BAB 2)
20041010224_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2026.

Download (477kB)
[img] Text (BAB 3)
20041010224_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2026.

Download (176kB)
[img] Text (BAB 4)
20041010224_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2026.

Download (851kB)
[img] Text (BAB 5)
20041010224_BAB 5.pdf

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20041010224_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20041010224_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2026.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penanganan pengaduan warga melalui Sambat Nang Cak Eri di Kelurahan Semolowaru sebagai salah satu kanal pengaduan milik Pemerintah Kota Surabaya. Kanal pengaduan tersebut dipergunakan untuk memudahkan warga Semolowaru dalam mendukung salah satu elemen penting dalam sistem pelayanan publik yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan keluhan, masukan, dan saran dari masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Partisipan penelitian meliputi warga semolowaru yang pernah menggunakan wadah pengaduan, petugas pengaduan, serta pejabat terkait di instansi Kelurahan Semolowaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengaduan telah terlaksana, pelaksanaan program dilakukan oleh seorang fasilitator yang menjadi penanggung jawab pelaksanaan di Kelurahan Semolowaru dan berjalan sesuai aturan yang belaku dengan pemahanan dan kinerja pelaksana yang sudah sesuai dengan alur pelaksanaan program dan memanfaatkan sarana serta prasarana dalam mendukung berjalanya program. Namun, untuk alur pelaksanaan program dirasa warga sedikit merepotkan. Faktor yang mempengaruhi hal itu adalah SOP program pengaduan yang mengharuskan warga untuk datang sehari sebelum pelaksanaan program untuk mendaftarkan identitas serta keluhan yang mereka alami. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan beberapa langkah untuk meningkatkan pemahaman alur program demi efektivitas wadah pengaduan, antara lain: peningkatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, peningkatan kapasitas dan kompetensi petugas pengaduan, serta penerapan mekanisme transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik dalam proses penanganan pengaduan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan sistem pelayanan publik yang lebih responsif dan akuntabel, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan perbaikan kualitas pelayanan publik, Kata Kunci: Impelemntasi Program, Wadah Pengaduan, Pelayanan Publik, Sambat Nang Cak Eri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDWIDIYARTA, AGUSNIDNUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: 224 Ayu Oktavianingrum
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:59
Last Modified: 08 Jul 2024 08:59
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/25586

Actions (login required)

View Item View Item