PENGAPLIKASIAN PERTANIAN MODERN DENGAN SISTEM HIDROPONIK SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DUSUN PUCANGREJO, WONOSALAM

Putri, Erlina Yulia and Fitriasari, Denis and Mevia, Indarwati Lara Artha and Murtadla, Faiz and Tarigan, Puji Lestari (2023) PENGAPLIKASIAN PERTANIAN MODERN DENGAN SISTEM HIDROPONIK SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DUSUN PUCANGREJO, WONOSALAM. In: SEMINAR NASIONAL BEM FP 2023, 24 SEPTEMBER 2023, SURABAYA.

[img] Text (SEMINAR NASIONAL BEM FP 2023)
artikel semnas 1.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (363kB)

Abstract

manusia, pengabdian yang kami jalankan yaitu terkait bidang pertanian dan menyangkut pertanian modern. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi warga sekitar serta sebagai pelopor pertanian modern di Dusun Pucang Rejo sehingga mereka dapat mengaplikasikan di tempat tinggal mereka masing-masing guna menambah perekonomian masyarakat setempat. Dalam proses pengabdian ini kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi pertanian modern dengan penyerahan instalasi kepada warga, pendampingan penyemaian benih, pendampingan penanaman bibit, pemberian AB Mix, monitoring perkembangan hidroponik, pendampingan proses panen dan pasca panen. Tahap pemanenan sendiri menjadi tahap yang paling dinanti-nanti oleh setiap petani karena dapat menikmati hasil dari budidaya yang telah dilakukan. Pemanenan dilakukan saat tanaman berumur sekitar 45 hari setelah semai yang mana kegiatan tersebut melibatkan Kepala Dusun Pucangrejo, serta beberapa perwakilan masyarakat setempat untuk ikut merasakan bagaimana cara melakukan panen hidroponik secara langsung. Untuk produk hasil hidroponik ini dibagikan ke rumah-rumah warga sekitar dengan tujuan warga dapat ikut mengkonsumsi dan mengolah hasil tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Conference/Seminar > Seminar Nasional BEM Fakultas Pertanian 2023
Depositing User: Davina Azalia Erson
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:16
Last Modified: 20 Jun 2024 02:16
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24589

Actions (login required)

View Item View Item