Bahrul, Zakaria (2024) PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PENYEWAAN ALAT OUTDOOR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20082010024.-cover.pdf Download (4MB) |
|
Text (Bab 1)
20082010024.-bab 1.pdf Download (197kB) |
|
Text (Bab 2)
20082010024.-bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 4 June 2026. Download (381kB) |
|
Text (Bab 3)
20082010024.-bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 4 June 2026. Download (540kB) |
|
Text (Bab 4)
20082010024.-bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 4 June 2026. Download (4MB) |
|
Text (Bab 5)
20082010024.-bab 5.pdf Download (95kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20082010024.- daftarpustaka.pdf Download (167kB) |
|
Text (Lampiran)
20082010024.-lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 4 June 2026. Download (765kB) |
Abstract
Aktivitas outdoor semakin populer di Indonesia, terutama pasca-pandemi COVID-19. Banyak orang memilih kegiatan seperti berkemah dan hiking sebagai alternatif liburan yang aman dan sehat. Namun, pemesanan alat outdoor saat ini masih belum optimal karena cara yang digunakan masih konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi dengan metode Design Thinking yang menghasilkan usability yang baik pada platform mobile berbasis Android. Melalui proses penelitian yang melibatkan wawancara dengan mitra dan pelanggan, serta penerapan prinsip-prinsip Design Thinking, penelitian ini menghasilkan desain UI/UX yang memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna. Berdasarkan evaluasi dan pengujian dengan skenario yang diberikan, desain UI/UX aplikasi ini menerima penilaian yang baik dari pengguna dan mitra, dengan nilai efektivitas dan efisiensi yang tinggi. Evaluasi tambahan dilakukan oleh pakar desain UI/UX menggunakan poin heuristic, yang mengonfirmasi bahwa desain ini memenuhi standar kegunaan dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian setelah dua iterasi menghasilkan nilai akhir dari lima mitra dengan Effectiveness 94%, Efficiency 95%, dan lima pelanggan dengan Effectiveness 94%, Efficiency 91%. Pada aspek Satisfaction, mitra menghasilkan 90% dan pelanggan 86%, yang menunjukkan bahwa hasil usability tersebut dikategorikan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics |
||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Bahrul Zakaria | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2024 07:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2024 07:50 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24230 |
Actions (login required)
View Item |