PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PENYEWAAN ALAT OUTDOOR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Bahrul, Zakaria (2024) PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PENYEWAAN ALAT OUTDOOR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20082010024.-cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1)
20082010024.-bab 1.pdf

Download (197kB)
[img] Text (Bab 2)
20082010024.-bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2026.

Download (381kB)
[img] Text (Bab 3)
20082010024.-bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2026.

Download (540kB)
[img] Text (Bab 4)
20082010024.-bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2026.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 5)
20082010024.-bab 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20082010024.- daftarpustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Lampiran)
20082010024.-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2026.

Download (765kB)

Abstract

Aktivitas outdoor semakin populer di Indonesia, terutama pasca-pandemi COVID-19. Banyak orang memilih kegiatan seperti berkemah dan hiking sebagai alternatif liburan yang aman dan sehat. Namun, pemesanan alat outdoor saat ini masih belum optimal karena cara yang digunakan masih konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi dengan metode Design Thinking yang menghasilkan usability yang baik pada platform mobile berbasis Android. Melalui proses penelitian yang melibatkan wawancara dengan mitra dan pelanggan, serta penerapan prinsip-prinsip Design Thinking, penelitian ini menghasilkan desain UI/UX yang memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna. Berdasarkan evaluasi dan pengujian dengan skenario yang diberikan, desain UI/UX aplikasi ini menerima penilaian yang baik dari pengguna dan mitra, dengan nilai efektivitas dan efisiensi yang tinggi. Evaluasi tambahan dilakukan oleh pakar desain UI/UX menggunakan poin heuristic, yang mengonfirmasi bahwa desain ini memenuhi standar kegunaan dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian setelah dua iterasi menghasilkan nilai akhir dari lima mitra dengan Effectiveness 94%, Efficiency 95%, dan lima pelanggan dengan Effectiveness 94%, Efficiency 91%. Pada aspek Satisfaction, mitra menghasilkan 90% dan pelanggan 86%, yang menunjukkan bahwa hasil usability tersebut dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSeftin, Fitri Ana WatiNIDN0020039104Seftin.fitri.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorAnindo, Saka FitriNIDN0025039303Anindo.saka.si@upnjatim.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Bahrul Zakaria
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:50
Last Modified: 04 Jun 2024 07:50
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24230

Actions (login required)

View Item View Item