PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK PENYELESAIAN SUDOKU DENGAN ALGORITMA BACKTRACKING

ROHMAN, MOH. FATHUR (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK PENYELESAIAN SUDOKU DENGAN ALGORITMA BACKTRACKING. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
17081010048_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
17081010048_BAB 1.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 2)
17081010048_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2028.

Download (488kB)
[img] Text (BAB 3)
17081010048_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2028.

Download (709kB)
[img] Text (BAB 4)
17081010048_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2028.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
17081010048_BAB 5.pdf

Download (9kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17081010048_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17081010048_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2028.

Download (96kB)

Abstract

Di dalam permainan digital, terdapat beberapa logika atau aturan yang memudahkan pemain untuk menyelesaikan permainan tersebut, seperti untuk menyelesaikan permainan tersebut, tingkatan pada permainan untuk diselesaikan, dan sebagainya yang disebut dengan level atau tingkat kesusahan yang digunakan sebagai bagian dari permainan maupun mempermudah pemain dalam memainkan permainan tersebut. Permainan yang mempunyai logika sederhana dalam menyelesaikan permainan tersebut salah satunya adalah permainan puzzle Sudoku. Permainan Sudoku merupakan permainan puzzle berbasis logika dengan desain sederhana dan aturan sederhana yang bahkan dapat dimainkan oleh anak-anak. Aturan permainan ini adalah mengisi sel yang kosong dengan angka 1 sampai 9, Setiap sel tidak boleh mempunyai dua angka yang identik pada setiap baris atau kolom, dan setiap bagian sel mempunyai luas 3 x 3 yang berisi 9 kotak. Dengan aturan sederhana tersebut ternyata banyak orang yang gagal atau tidak menyelesaikan game ini karena ada lebih dari ribuan solusi untuk menyelesaikan game sudoku. Berdasarkan hal tersebut munculah ide untuk membuat aplikasi yang mudah diakses berbasis website agar bisa diakses oleh banyak perangkat yang dapat digunakan sebagai solusi untuk menyelesaikan permainan sudoku yaitu aplikasi sudoku solver menggunakan algoritma backtracking berbasis website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorATMAJA, PRATAMA WIRYANIDN0006018407pratama_wirya.fik@upnjatim.ac.id
Thesis advisorSWARI, MADE HANINDIA PRAMINIDN0805028901madehanindia.fik@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Moh. Fathur Rohman
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:22
Last Modified: 04 Jun 2024 04:24
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/24086

Actions (login required)

View Item View Item