Pangestuti, Roro Ayu (2024) PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI COFFEE CARE SOLUSI RAMAH ALERGI DENGAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS MOBILE APP. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Text (COVER)
20082010128_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
20082010128_BAB 1.pdf Download (445kB) |
|
Text (BAB 2)
20082010128_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2027. Download (417kB) |
|
Text (BAB 3)
20082010128_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2027. Download (521kB) |
|
Text (BAB 4)
20082010128_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2027. Download (10MB) |
|
Text (BAB 5)
20082010128_BAB 5.pdf Download (284kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
20082010128_DAPUS.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20082010128_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 29 May 2027. Download (3MB) |
Abstract
Aplikasi Coffee Care merupakan aplikasi hasil solusi dari pengguna yang memiliki keresahan terhadap alergi yang dimiliki masing-masing pengguna dalam mencari beberapa lokasi café maupun coffee shop dengan menyediakan penggantian bahan pada menunya. Dalam hal ini, pengembangan rancangan desain aplikasi Coffee Care menggunakan metode design thinking sebagai landasan dengan fokus dalam membantu untuk melakukan pembelian di sekitar wilayah Mojokerto. Adanya solusi desain pada rancangan aplikasi Coffee Care, dapat membantu perancang aplikasi dalam membuat aplikasi berbasis mobile sebagai solusi aplikasi bagi pengguna. Metode ini menekankan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna serta merancang solusi berdasarkan pengalaman yang dialami melalui lima tahapan utama: empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Pengujian pada rancangan desain aplikasi Coffee Care dilakukan menggunakan dua metode, yaitu Heuristic Evaluation dan System Usability Scale (SUS). Hasil iterasi pertama menggunakan metode System Usability Scale (SUS), menghasilkan skor 72,5 yang menunjukkan desain berkategori C. Skor tersebut sudah bisa dikatakan “OK” yang menandakan bahwa mayoritas pengguna merasa rancangan desain aplikasi cukup mudah digunakan. Namun, masih ada ruang untuk perbaikan dalam rancangan desain aplikasi tersebut. Perbaikan desain dilakukan berdasarkan hasil heuristic evaluation dengan feedback yang diberikan oleh tiga orang ahli dalam bidangnya untuk memaksimalkan peningkatan desain. Hasil iterasi kedua menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dengan skor 81 dalam kategori B. Hal tersebut menandakan bahwa perbaikan desain telah memberikan hasil yang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Roro Ayu Pangestuti |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:22 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:22 |
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23368 |
Actions (login required)
View Item |