Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dengan Metode Service Performance dan Importance Performance Analysis di Puskesmas Tenggilis

Puspita, Fannysah Della (2024) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dengan Metode Service Performance dan Importance Performance Analysis di Puskesmas Tenggilis. Undergraduate thesis, Universitas Pembagunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20032010073.-cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
20032010073.-bab1.pdf

Download (211kB)
[img] Text (Bab 2)
20032010073.-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2028.

Download (427kB)
[img] Text (Bab 3)
20032010073.-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2028.

Download (331kB)
[img] Text (Bab 4)
20032010073.-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2028.

Download (555kB)
[img] Text (Bab 5)
20032010073.-bab5.pdf

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20032010073.-daftarpustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text (Lampiran)
20032010073.-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2028.

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas Tenggilis merupakan salah satu pelayanan kesehatan di Indonesia yang bertujuan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap pasien dan memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Service Performance dan Importance Performance Analysis. Berdasarkan penelitian dengan metode Service Performance diperoleh rata-rata tingkat kinerja sebesar 3,39 dan rata-rata tingkat kepentingan sebesar 4,38. Sedangkan dengan metode Importance Performance Analysis diperoleh tingkat kesesuaian antara kinerja dan kepentingan sebesar 77,49% dengan tujuh atribut dimensi kualitas pelayanan yang masuk dalam kuadran I dan menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan. Usulan perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas di masa yang akan datang dengan menyesuaikan atribut-atribut prioritas utama perbaikan pada diagram Importance Performance Analysis yaitu pada dimensi bukti langsung dengan atribut X4, dimensi kehandalan dengan atribut X8 dan X13, dimensi daya tanggap dengan atribut X15, dimensi jaminan dengan atribut X20 dan X23, dan dimensi empati dengan atribut X25.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAryanny, EnnyNIDN0728097001enny.ti@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering
Depositing User: Fannysah Della Puspita
Date Deposited: 28 May 2024 04:03
Last Modified: 28 May 2024 04:03
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23176

Actions (login required)

View Item View Item