Puspita, Fannysah Della (2024) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dengan Metode Service Performance dan Importance Performance Analysis di Puskesmas Tenggilis. Undergraduate thesis, Universitas Pembagunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
Text (Cover)
20032010073.-cover.pdf Download (2MB) |
|
Text (Bab 1)
20032010073.-bab1.pdf Download (211kB) |
|
Text (Bab 2)
20032010073.-bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2028. Download (427kB) |
|
Text (Bab 3)
20032010073.-bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2028. Download (331kB) |
|
Text (Bab 4)
20032010073.-bab4.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2028. Download (555kB) |
|
Text (Bab 5)
20032010073.-bab5.pdf Download (203kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20032010073.-daftarpustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text (Lampiran)
20032010073.-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 28 May 2028. Download (3MB) |
Abstract
Puskesmas Tenggilis merupakan salah satu pelayanan kesehatan di Indonesia yang bertujuan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap pasien dan memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Service Performance dan Importance Performance Analysis. Berdasarkan penelitian dengan metode Service Performance diperoleh rata-rata tingkat kinerja sebesar 3,39 dan rata-rata tingkat kepentingan sebesar 4,38. Sedangkan dengan metode Importance Performance Analysis diperoleh tingkat kesesuaian antara kinerja dan kepentingan sebesar 77,49% dengan tujuh atribut dimensi kualitas pelayanan yang masuk dalam kuadran I dan menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan. Usulan perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas di masa yang akan datang dengan menyesuaikan atribut-atribut prioritas utama perbaikan pada diagram Importance Performance Analysis yaitu pada dimensi bukti langsung dengan atribut X4, dimensi kehandalan dengan atribut X8 dan X13, dimensi daya tanggap dengan atribut X15, dimensi jaminan dengan atribut X20 dan X23, dan dimensi empati dengan atribut X25.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering | ||||||||
Depositing User: | Fannysah Della Puspita | ||||||||
Date Deposited: | 28 May 2024 04:03 | ||||||||
Last Modified: | 28 May 2024 04:03 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23176 |
Actions (login required)
View Item |