Fachriza, Andhika Yudha (2024) UPAYA INDONESIA DALAM MENDORONG EKSPOR SARANG BURUNG WALET KE CHINA MELALUI DIPLOMASI EKONOMI TAHUN 2020-2023. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20044010055.-cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
20044010055.-bab1.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB II)
20044010055.-bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 26 May 2026. Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
20044010055.-bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 26 May 2026. Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
20044010055.-bab4.pdf Download (68kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20044010055.-daftarpustaka.pdf Download (110kB) |
|
Text (Lampiran)
20044010055.-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 26 May 2026. Download (380kB) |
Abstract
Sarang burung walet adalah salah satu komoditas unggulan Indonesia dalam perdagangan internasional karena jumlah produksinya di Indonesia yang sangat besar. Pada periode 2021 Indonesia menghasilkan sekitar 80% dari kapasitas produksi sarang burung walet dunia. Meskipun memiliki jumlah produksi sarang burung walet sangat besar, konsumsi domestik sarang burung walet di Indonesia hanya sekitar 5% saja dan sisanya sebesar 95% diekspor, sedangkan China adalah importir komoditas SBW terbesar di dunia dengan permintaan domestik di China yang sangat tinggi sehingga menjadikan China sebagai tujuan ekspor sarang burung walet nomor satu Indonesia. Meskipun demikian, terdapat hambatan-hambatan yang terjadi terkait dengan ekspor produk SBW ke China, diantaranya adalah persyaratan dan perizinan ekspor SBW ke China yang diberlakukan oleh GACC sangatlah ketat sehingga sangat menyulitkan para eksportir SBW dalam negeri. Untuk itu Indonesia melakukan diplomasi ekonomi dalam upaya untuk mendorong ekspor SBW ke China karena harga ekspor produk SBW ke China sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan ekspor ke negara lain seperti Hongkong. Terdapat empat tahapan diplomasi ekonomi yang dilakukan Indonesia, diantaranya adalah economic salesmanship, economic networking and advocacy, image branding/promotion, dan regulatory management and resource mobilization. Keempat tahapan tersebut dilakukan secara bersamaan dan memiliki peran masing�masing dalam upaya diplomasi ekonomi Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | J Political Science > JZ International relations | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations | ||||||||
Depositing User: | Andhika Yudha Fachriza | ||||||||
Date Deposited: | 27 May 2024 08:37 | ||||||||
Last Modified: | 27 May 2024 08:38 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/23034 |
Actions (login required)
View Item |