UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DAN PERSEBARAN TARGET PASAR MELALUI BAZAR RAMADHAN DI BALAI DESA AMBULU

Sucahyo, Delia and Fauziah, Nur and Isfania, Ajeng (2023) UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DAN PERSEBARAN TARGET PASAR MELALUI BAZAR RAMADHAN DI BALAI DESA AMBULU. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (2). pp. 127-130. ISSN 2798-1827

[img] Text
20012010069 - Jurnal.pdf

Download (364kB)

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai salah satu elemen petumbuhan perekonomian yang menempati posisi strategis untuk mempercepat perubahan struktural dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk membantu pemberdayaan UMKM di kecamatan sumberasih, kabupaten probolinggo. Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini dilakukan terhadap berbagai jenis produk kuliner serta kerajinan tangan melalui adanya bazar ramadhan yang digelar oleh mahasiswa KKN-T MBKM dimana bekerjasama dengan tiga kelompok lain yang berada pada Kabupaten Probolinggo, Kecamatan Sumberasih yakni dibawahi oleh tiga desa yaitu Sumberbendo, Sumurmati, dan Ambulu. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi tiga tahap yaitu tahap observasi, identifikasi masalah, dan pelaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan media pemasaran bagi para UMKM dari tiga desa tersebut. Tahap pertama adalah tahap observasi. Tahap ini dilakukan mahasiswa KKN-T MBKM dengan melakukan survei dan wawancara pada UMKM di kelurahan masing-masing. Selanjutnya, tahap identifikasi masalah dengan melakukan peninjauan dan pencarian solusi untuk UMKM. Dan yang terakhir melakukan pelaksanaan agar meningkatkan target penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan kemajuan dan peningkatan perluasan pasar serta peningkatan penghasilan dari mitra UMKM tiga desa tersebut. Hasil yang diperoleh dari Bazar Ramadhan ini dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM serta memperluas pangsa pasar yang ada. Selain itu, pelaku UMKM mulai membuat akun media sosial dan mempromosikan produknya. Untuk menambah keramaian pada bazar Ramadhan, dilakukan promosi melalui media social. Dengan begitu UMKM mulai menggunakan digital marketing dalam pemasarannya, sehingga dengan mudah juga dapat terhubung kepada konsumen secara online. Kata kunci: UMKM, Bazar Ramadhan, Pemasaran Small and Medium Enterprises (SMEs) as one of the elements of growth an economy that occupies a strategic position to accelerate change structure in order to improve the standard of living of the people at large. This research aims to help empower MSMEs in Sumberasih sub-district, Probolinggo district. Empowerment of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) is carried out for various types of culinary products and handicrafts through a Ramadan bazaar held by KKN-T MBKM students in collaboration with three other groups in Probolinggo District, Sumberasih District, namely under three villages. namely Sumberbendo, Sumurmati, and Ambulu. The method used in this service activity includes three stages, namely the observation stage, problem identification, and implementation which aims to improve marketing media for MSMEs from the three villages. The first stage is the observation stage. This stage was carried out by KKN-T MBKM students by conducting surveys and interviews with MSMEs in their respective villages. Next, the problem identification stage by conducting a review and finding solutions for MSMEs. And finally carry out the implementation in order to increase sales targets and reach a wider market. The results of this assistance show progress and increased market expansion as well as increased income from the MSME partners in the three villages. The results obtained from the Ramadhan Bazaar can increase the income of MSME players and expand the existing market share. In addition, MSMEs have started to create social media accounts and promote their products. To add to the crowd at the Ramadhan bazaar, promotions are carried out through social media. That way, MSMEs start using digital marketing in their marketing, so that they can also easily connect to consumers online. Keywords: UMKM, Bazar Ramadhan, Marketing

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHandayani, WiwikNIDN0713016901wiwik.em@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Management
Depositing User: Delia Septy Dwi Sucahyo
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:54
Last Modified: 17 Sep 2024 08:54
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/22136

Actions (login required)

View Item View Item