ILLAHI, RIZKY NIZAR WAHYU (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN CETAK PENGAJUAN TEKO DESO ( CAK NGATESO ) DI DESA BALONGBESUK KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.
|
Text (COVER)
21041010310_cover.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21041010310_BAB 1.pdf Download (432kB) |
|
|
Text (BAB 2)
21041010310_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
|
Text (BAB 3)
21041010310_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 17 November 2028. Download (259kB) |
|
|
Text (BAB 4)
21041010310_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 17 November 2028. Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 5)
21041010310_BAB 5.pdf Download (195kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21041010310_DAFTAR PUTSAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
21041010310_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas layanan Cetak Pengajuan Teko Deso (Cak Ngateso) di Desa Balongbesuk, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Cak Ngateso adalah inovasi layanan administratif berbasis web yang diluncurkan oleh Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang sejak tahun 2021, yang berfokus pada layanan seperti Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan akta kematian di tingkat desa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model efektivitas organisasi Richard M. Steers, yang mencakup indikator optimasi tujuan, perspektif sistem, dan tekanan pada perilaku. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, layanan Cak Ngateso di Desa Balongbesuk telah efektif dalam memfasilitasi warga dalam mengurus dokumen kependudukan tanpa harus mengunjungi Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengguna layanan setiap tahun dan kemampuan aparatur desa dalam mengoperasikan sistem. Namun, masih terdapat tantangan teknis seperti gangguan server dan keterbatasan infrastruktur yang dapat menghambat proses layanan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, perbaikan infrastruktur teknologi, dan optimasi sistem untuk memastikan layanan Cak Ngateso dapat beroperasi lebih stabil dan menjangkau semua desa yang ada di Kabupaten Jombang. Kata kunci: Efektivitas Layanan, Cak Ngateso, Administrasi Kependudukan,
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration | ||||||||
| Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
| Depositing User: | Rizky Nizar Wahyu Illahi | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 08:52 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 08:52 | ||||||||
| URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/46785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
