DIGITALISASI ADMINISTRASI KEIMIGRASIAN SEBAGAI INSTRUMEN SOFT POWER INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA NASIONAL

Makasabat, Rifals Aflaha (2025) DIGITALISASI ADMINISTRASI KEIMIGRASIAN SEBAGAI INSTRUMEN SOFT POWER INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA NASIONAL. Project Report (Praktek Kerja Lapang dan Magang). Fakultas Ilmu Sosial,Politik, dan Budaya, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (COVER)
cover laporan magang (fixx).pdf

Download (487kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 Laporan Magang.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
BAbB 2 Laporan Magang.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2028.

Download (42kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 Laporan Magang.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2028.

Download (203kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 Laporan Magang.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2028.

Download (91kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5 Laporan Magang.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2028.

Download (18kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Laporan Magang.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2028.

Download (8kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran laporan magang.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2028.

Download (993kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting bagi Indonesia, terutama dalam mendatangkan devisa dan memperkenalkan budaya ke dunia internasional. Sebagai negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam dan keberagaman budaya, Indonesia memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan mancanegara. Namun, potensi ini tentu harus didukung oleh sistem yang memudahkan wisatawan untuk datang dan tinggal di Indonesia, salah satunya adalah melalui pelayanan keimigrasian yang cepat, praktis, dan mudah diakses. Seiring berkembangnya teknologi, pemerintah Indonesia mulai mendorong digitalisasi dalam berbagai layanan publik, termasuk dalam hal administrasi keimigrasian. Layanan seperti e-visa, izin tinggal online, dan sistem pelaporan orang asing secara digital menjadi bagian dari upaya untuk menyederhanakan proses birokrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan. Di sisi lain, hal ini juga bisa dilihat sebagai bentuk diplomasi, di mana Indonesia ingin memberikan kesan positif kepada warga negara asing sejak awal mereka berinteraksi dengan sistem di negara ini. Melalui program magang mandiri di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya, penulis berkesempatan untuk melihat dan terjun secara langsung bagaimana proses digitalisasi ini dijalankan dan mendapatkan berbagai pengalaman baru dan Insightfull dan sangat menginspirasi penulis untuk menulis laporan magang ini. Untuk itu penulis mengangkat tema ini dalam laporan magang, sebagai bentuk ucapan terimakasih atas pengalaman dan pengamatan selama menjalani masa magang di kantor Imigrasi kelas 1 Khusus TPI Surabaya. Laporan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana digitalisasi administrasi keimigrasian dapat berperan sebagai instrumen diplomasi, khususnya dalam mendukung sektor pariwisata. Dengan membahas hal ini, penulis berharap laporan ini bisa memberikan sudut pandang yang lebih luas tentang bagaimana isu-isu hubungan internasional juga bisa ditemukan dalam kebijakan dan pelayanan publik di tingkat nasional.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang dan Magang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWibowo, Prihandono198702092018031002UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Rifals Aflaha Makasabat
Date Deposited: 06 Oct 2025 14:09
Last Modified: 06 Oct 2025 14:09
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/45048

Actions (login required)

View Item View Item