Luth, Alfian Farrel Aziz (2025) ANALISIS STRATEGI CULINARY DIPLOMACY ITALIA MELALUI PROGRAM THE EXTRAORDINARY ITALIAN TASTE PADA TAHUN 2016 – 2022 : STUDI KASUS KERJA SAMA DENGAN ITALY-AMERICA CHAMBERS OF COMMERCE. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (COVER)
21044010024_ALFIAN FARREL AZIZ LUTH_COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
21044010024_ALFIAN FARREL AZIZ LUTH_BAB 1.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
21044010024_ALFIAN FARREL AZIZ LUTH_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 12 September 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
21044010024_ALFIAN FARREL AZIZ LUTH_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 12 September 2028. Download (624kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
21044010024_ALFIAN FARREL AZIZ LUTH_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 12 September 2028. Download (92kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
21044010024_ALFIAN FARREL AZIZ LUTH_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
Program "The Extraordinary Italian Taste" (EIT), sebuah strategi diplomasi kuliner komprehensif yang diimplementasikan oleh Italia dari tahun 2016 hingga 2022. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk mempromosikan masakan otentik Italia serta memerangi fenomena global "Italian Sounding", yaitu penggunaan nama atau simbol Italia pada produk yang menyesatkan dan mengakibatkan kerugian ekonomi yang signifikan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, studi ini menerapkan teori Culinary Diplomacy dari Sam Chapple-Sokol untuk menunjukkan bahwa keberhasilan program ini berasal dari strategi ganda yang menggabungkan dimensi public culinary diplomacy dan private culinary diplomacy. Dimensi publik bertujuan membangun kesadaran konsumen secara luas dan citra nasional yang positif melalui acara berskala besar yang terbuka untuk umum, seperti festival makanan dan kampanye digital. Pada saat yang sama, dimensi privat berfokus pada pembangunan hubungan yang mendalam dan berbasis kepercayaan dengan para profesional industri yang berpengaruh seperti koki, importir, dan tokoh media—melalui masterclass eksklusif, seminar yang ditargetkan, serta acara jejaring tingkat tinggi. Secara keseluruhan adanya sinergi antara menjangkau masyarakat umum dan membina hubungan dengan para pemimpin industri menjadi kunci keberhasilan program, yang terbukti berhasil meningkatkan ekspor produk agribisnis secara signifikan dan memperkuat merek "Made in Italy" di panggung dunia . Kata Kunci: Culinary Diplomacy; Soft Power; The Extraordinary Italian Taste; Italy-American Chambers of Commerce.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations | ||||||||
Depositing User: | Alfian Farrel Luth | ||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 03:19 | ||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 03:19 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/42459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |