Analisis Strategi Pemasaran Global Brand Gucci Melalui Penetapan Kai EXO Sebagai Global Brand Ambassador Tahun 2019-2023

Sugiarto, Mercy Aulia (2025) Analisis Strategi Pemasaran Global Brand Gucci Melalui Penetapan Kai EXO Sebagai Global Brand Ambassador Tahun 2019-2023. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21044010067.-cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
21044010067.-bab1.pdf

Download (372kB)
[img] Text (Bab II)
21044010067.-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (831kB)
[img] Text (Bab III)
21044010067.-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (776kB)
[img] Text (Bab IV)
21044010067.-bab4.pdf

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21044010067.-daftarpustaka.pdf

Download (290kB)

Abstract

Gucci merupakan brand fashion mewah yang menyajikan kualitas dan estetika dengan logo khas dalam setiap koleksi barangnya yang didirikan pada tahun 1921 oleh Guccio Gucci di Florence, Itali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran global yang dilakukan Gucci melalui penggunaan Kai EXO sebagai celebrity endorsement. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data sekunder melalui studi pustaka. Jangka waktu penelitian dilakukan dalam rentang tahun 2019 dimulai dari pengangkatan Kai sebagai global brand ambassador, hingga tahun 2023 untuk mengamati strategi pemasaran yang dilakukan oleh Gucci. Penelitian ini menggunakan konsep marketing mix 4P yang terdiri dari product, price, place, dan promotion. Konsep tersebut digunakan untuk meneliti strategi pemasaran global yang digunakan oleh Gucci. Hasil temuan pada penelitian menunjukkan bahwa Gucci menggunakan Kai EXO sebagai celebrity endorsement dalam empat elemen bauran pemasaran. Pengaruh tersebut antara lain meliputi pengenalan produk baru dan peluncuran koleksi produk khusus menggunakan Kai EXO, penetapan harga khusus yang sedikit lebih tinggi untuk koleksi khusus, perilisan toko pop-up dengan tema khusus identik dengan Kai, dan promosi melalui sosial media, majalah dan peragaan busana dengan melibatkan Kai EXO. Kata kunci: Strategi Pemasaran Global, Marketing Mix 4P, Gucci, Celebrity endorsement, Kai EXO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRasyidah, ResaNIDN0731108602resarasyidah.hi@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Mercy Aulia Sugiarto
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:40
Last Modified: 09 Sep 2025 06:40
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/42342

Actions (login required)

View Item View Item