ANALISIS RESEPSI PENONTON PADA KEKUATAN SUPRANATURAL DALAM FILM KISAH TANAH JAWA POCONG GUNDUL

Fasyah Arifah, Nabila (2025) ANALISIS RESEPSI PENONTON PADA KEKUATAN SUPRANATURAL DALAM FILM KISAH TANAH JAWA POCONG GUNDUL. Undergraduate thesis, UPN “Veteran” Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
21043010300.-cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
21043010300.-bab1.pdf

Download (244kB)
[img] Text (Bab 2)
21043010300.-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2028.

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
21043010300.-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2028.

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
21043010300.-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2028.

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
21043010300.-bab5.pdf

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21043010300.-daftarpustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Lampiran)
21043010300.-lampiran.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi penonton terhadap representasi kekuatan supranatural dalam film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul. Film ini menampilkan beragam fenomena supranatural seperti retrokognisi, keris sakti, dan perjanjian ghaib dengan makhluk halus, yang dikemas dalam narasi horor berbasis budaya Jawa. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi, penelitian ini menggunakan teori Stuart Hall sebagai kerangka analisis utama untuk mengklasifikasikan pemaknaan audiens ke dalam tiga kategori: dominant-hegemonic, negotiated, dan oppositional reading. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap lima informan yang telah menonton film tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap informan memiliki posisi decoding yang berbeda dalam memaknai kekuatan supranatural dalam film. Dua informan menempati posisi dominan dan menerima sepenuhnya representasi kekuatan gaib dalam film, sejalan dengan pengalaman spiritual dan kepercayaan budaya yang mereka anut. Dua informan lainnya berada pada posisi negosiasi, menunjukkan sikap selektif dengan menerima sebagian makna film sambil mempertanyakan elemen yang dianggap berlebihan. Sementara itu, satu informan berada pada posisi oposisi, secara tegas menolak representasi kekuatan supranatural karena dianggap bertentangan dengan keyakinan religiusnya. Temuan ini menegaskan bahwa audiens bukanlah penerima makna yang pasif, melainkan aktor aktif yang menafsirkan pesan media berdasarkan latar belakang personal, kultural, dan ideologis masing-masing. Kata Kunci: resepsi penonton, kekuatan supranatural, film horor, Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul, Stuart Hall

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndriastuti, YudianaNIDN6653328yudiana_indriastuti.ilkom@upnjatim.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Communication
Depositing User: Unnamed user with email 21043010300@student.upnjatim.ac.id
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:14
Last Modified: 23 Jul 2025 03:15
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/40555

Actions (login required)

View Item View Item