SAUDI VISION 2030: UPAYA NATION BRANDING ARAB SAUDI MELALUI ESPORTS PADA TAHUN 2016-2024

Putra, Muhammad Rizky Eko (2025) SAUDI VISION 2030: UPAYA NATION BRANDING ARAB SAUDI MELALUI ESPORTS PADA TAHUN 2016-2024. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
21044010092_MUHAMMAD RIZKY EKO PUTRA_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
21044010092_MUHAMMAD RIZKY EKO PUTRA_BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
21044010092_MUHAMMAD RIZKY EKO PUTRA_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2028.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 3)
21044010092_MUHAMMAD RIZKY EKO PUTRA_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2028.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 4)
21044010092_MUHAMMAD RIZKY EKO PUTRA_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2028.

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21044010092_MUHAMMAD RIZKY EKO PUTRA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (770kB)

Abstract

Nation branding telah menjadi suatu cara tersendiri bagi negara-negara dalam membangun citra internasional dan memperkuat hubungan diplomatik. Dalam hubungan internasional kontemporer, nation branding menjadi strategi dalam menciptakan dan mempromosikan citra positif suatu negara yang dapat berdampak signifikan pada berbagai aspek, seperti peningkatan investasi asing, pertumbuhan sektor pariwisata, dan penguatan pengaruh diplomatik. Arab Saudi, sebagai salah satu negara di Timur Tengah yang memiliki visi untuk diversifikasi ekonomi dan modernisasi sosial melalui Arab Vision 2030, telah menggunakan berbagai strategi dalam mencapai visi tersebut, termasuk dalam sektor olahraga. Setelah suksesnya perlombaan Esports The Gamers8 pada tahun 2023 di Riyadh, Arab Saudi kembali menyelenggarakan perlombaan Esports berskala global dengan nama Esports World Cup pada tahun 2024 yang bekerja sama dengan 30 tim Esports papan atas dari berbagai kawasan dunia dan memiliki 21 judul video game yang diperlombakan. Esports World Cup rencananya akan menjadi event Esports tahunan yang dikelola oleh EWC Foundation milik pemerintah Arab Saudi. Penelitian ini akan menyoroti bagaimana upaya Arab Saudi dalam meningkatkan soft power-nya melalui pengembangan industri Esports pada tahun 2016 hingga 2024 serta alasan dibalik gencarnya investasi di sektor olahraga Esports oleh Arab meskipun di tengah isu sportswashing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, Ario BimoNIDN0003089301UNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Rizky Eko Putra
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:42
Last Modified: 21 Jul 2025 07:42
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/40326

Actions (login required)

View Item View Item