Pengaruh Hedonistic Lifestyle dan Impulse Buying Terhadap Layanan Paylater pada Generasi Z di IKIP PGRI Bojonegoro Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Moderasi

Puspitasari, Dian (2025) Pengaruh Hedonistic Lifestyle dan Impulse Buying Terhadap Layanan Paylater pada Generasi Z di IKIP PGRI Bojonegoro Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Moderasi. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf

Download (499kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (370kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (352kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (362kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (615kB)

Abstract

Popularitas layanan keuangan digital seperti paylater semakin meningkat seiring dengan meluasnya perilaku konsumsi instan di kalangan Generasi Z. Tren ini menyoroti perlunya kajian terhadap faktor psikologis yang memengaruhi keputusan penggunaan layanan tersebut, khususnya gaya hidup hedonistik dan pembelian impulsif yang lekat dengan karakteristik generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kedua variabel tersebut terhadap keputusan penggunaan paylater, serta mengevaluasi peran literasi keuangan sebagai variabel moderasi. Studi dilakukan terhadap 87 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro dengan penyebaran kuesioner secara daring melalui Google Form. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0, dan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup hedonistik dan pembelian impulsif berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan layanan paylater. Literasi keuangan terbukti memperlemah pengaruh gaya hidup hedonistik, namun tidak mampu memoderasi pengaruh pembelian impulsif terhadap keputusan penggunaan paylater. Temuan ini memberikan implikasi penting terkait urgensi edukasi keuangan dan pengendalian diri untuk membentuk perilaku konsumsi yang lebih bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTrisnaningsih, SriNIP196509291992032001trisna.ak@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economics
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economic > Departement of Accounting
Depositing User: Dian Puspitasari
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:20
Last Modified: 21 Jul 2025 07:20
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/40287

Actions (login required)

View Item View Item