RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEHADIRAN SATPAM BERBASIS WEBSITE DENGAN GEOTAGGING DAN ALGORITMA HAVERSINE PADA PT. REKSA INDRA ABINAWA

Swari, Gading Indra (2025) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEHADIRAN SATPAM BERBASIS WEBSITE DENGAN GEOTAGGING DAN ALGORITMA HAVERSINE PADA PT. REKSA INDRA ABINAWA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (cover)
21082010017-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (bab 1)
21082010017-bab1.pdf

Download (150kB)
[img] Text (bab 2)
21082010017-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2027.

Download (786kB)
[img] Text (bab 3)
21082010017-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2027.

Download (5MB)
[img] Text (bab 4)
21082010017-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2027.

Download (1MB)
[img] Text (bab 5)
21082010017-bab5.pdf

Download (131kB)
[img] Text (daftar pustaka)
21082010017-daftarpustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text (lampiran)
21082010017-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Presensi manual dengan menggunakan buku fisik yang dilakukan oleh satpam di sektor keamanan masih banyak digunakan meski memiliki kelemahan seperti rentan manipulasi data dan memperlambat proses rekapitulasi. PT. Reksa Indra Abinawa menjadi salah satu perusahaan outsourcing yang menghadapi tantangan dalam mengelola kehadiran satpam di lokasi klien yang tersebar. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi kehadiran satpam berbasis web yang memanfaatkan teknologi geotagging dan algoritma Haversine untuk menghitung jarak lokasi presensi terhadap titik lokasi yang telah ditentukan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall, yang meliputi tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, hingga evaluasi. Dalam tahap implementasi, sistem dibangun dengan memanfaatkan framework Laravel Filament untuk pengembangan antarmuka dan logika aplikasi, serta basis data MySQL untuk penyimpanan data. Hasil dari pengujian blackbox menunjukkan bahwa seluruh fitur sistem berjalan sesuai dengan fungsinya, dengan tingkat keberhasilan mencapai 100%, yang menandakan sistem berfungsi secara optimal dari sisi teknis. Sementara itu, pada tahap evaluasi, dilakukan pengukuran terhadap kualitas pengalaman pengguna menggunakan User Experience Questionnaire Short (UEQ-S), menunjukkan hasil yang positif, dengan skor rata-rata 1,83 pada aspek pragmatis dan 1,83 pada aspek hedonis, menandakan kualitas pengalaman pengguna yang baik dan memuaskan, dengan sistem berada dalam kategori “Good” menurut standar benchmark UEQ-S.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWibowo, Nur CahyoNIDN0717037901nurcahyo.si@upnjatim.ac.id
Thesis advisorFitri, Anindo SakaNIDN0025039303anindo.saka.si@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Gading Indra Swari
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:26
Last Modified: 05 Jun 2025 02:26
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/37102

Actions (login required)

View Item View Item