Fadhilah, Risca Nur (2025) MODEL KEMITRAAN MUTUALISTIK SENTRA KULINER DENGAN UPTD KEBUN RAYA MANGROVE KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until May 2027. Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until May 2027. Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until May 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (3).pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Secara umum permasalahan yang melekat pada usaha mikro terletak pada modal yang terbatas, persaingan pasar, teknologi, dan promosi. Dalam proses pengembangan Sentra Kuliner UMKM, pemerintah memberikan ruang terjalinnya kemitraan dengan pedagang kaki lima yang sebelumnya sudah berjualan disana untuk mengisi kekosongan stan sentra kuliner yang ada di Kebun Raya Mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemitra an yang terjadi antara Sentra Kuliner UMKM dengan UPTD Kebun Raya Mangrove Kota Surabaya agar dapat memberikan manfaat guna meningkatkan daya saing dan memperkuat ekowisata secara berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menggunakan model kemitraan mutualistik (Sulitiyani, 2017) karena sama - sama menyadari rasa saling memberikan keuntungan dan mendapatkan manfaat berdasarkan pada analisis tiga prinsip kemitraan yaitu: 1) Kesetaraan, dalam pelaksanaannya belum berjalan dengan baik karena pada aspek saling percaya, belum ada perjanjian kerjasama/MoU, meskipun demikian Sentra Kuliner UMKM dan UPTD Kebun Raya Mangrove memiliki kesepakatan yang di setujui oleh para pelaku UMKM, serta kurangnya rasa menghormati tata tertib bagi pengunjung. 2) Keterbukaan, dalam pelaksanaannya sudah terlaksana dengan baik karena sama – sama mendapatkan kemudahan untuk berkomunikasi yang jelas, keterbukaan informasi pengelolaan dan pemesanan makanan dan miniman jumlah besar, serta keterbukaan informasi tentang pengelolaan keuangan. 3) Saling Membutuhkan, dalam pelaksanannya sudah cukup baik, karena Pelaku Sentra Kuliner UMKM mendapatkan keuntungan dari tambahan omset dari hasil jualan dan fasilitas yang disediakan oleh pihak UPTD Pengelola Kebun Raya Mangrove, sedangkan pihak UPTD Pengelola Kebun Raya Mangrove mendapatkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari ticketing, meskipun pada aspek promosi sentra kuliner Medokan Sawah belum optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration | ||||||||
Depositing User: | Risca Nur Fadhilah | ||||||||
Date Deposited: | 28 May 2025 07:12 | ||||||||
Last Modified: | 28 May 2025 07:12 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |