Evaluasi Penerimaan Pengguna Wondr by BNI menggunakan EWOM

Ningtyas, Silvia Ayu (2025) Evaluasi Penerimaan Pengguna Wondr by BNI menggunakan EWOM. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (cover)
21082010011-cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text (bab 1)
21082010011-bab1.pdf

Download (183kB)
[img] Text (bab 2)
21082010011-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2027.

Download (189kB)
[img] Text (bab 3)
21082010011-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2027.

Download (807kB)
[img] Text
21082010011-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text (bab 5)
21082010011-bab5.pdf

Download (9kB)
[img] Text (daftar pustaka)
21082010011-daftarpustaka.pdf

Download (277kB)
[img] Text
21082010011-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wondr by BNI merupakan inovasi terbaru yang menggantikan aplikasi BNI Mobile Banking, menghadirkan fitur lebih lengkap dan layanan keuangan yang lebih personal. Dalam proses adopsinya, Wondr by BNI menghadapi tantangan dalam membangun kepercayaan dan mendorong minat pengguna untuk beralih dari aplikasi sebelumnya. Salah satu hal penting yang memengaruhi keputusan adopsi pengguna adalah Electronic Word of Mouth (eWOM), karena ulasan dan pengalaman pengguna lain sering dijadikan referensi utama sebelum menggunakan layanan digital, khususnya di era media sosial. Skripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh eWOM dan tingkat keterlibatan konsumen (consumer involvement) dalam kerangka Elaboration Likelihood Model (ELM) terhadap penerimaan aplikasi mobile banking Wondr by BNI. Penelitian ini melibatkan 401 responden di Surabaya dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa valence, volume, initial trust, dan consumer involvement memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan aplikasi. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya membangun kepercayaan dan mendorong keterlibatan aktif pengguna dalam memperkuat keputusan adopsi Wondr by BNI. Hal ini dibuktikan melalui pengujian path coefficient dengan nilai p-values < 0,05 dan T-statistic > 1,96. Dengan demikian, ulasan, jumlah eWOM, tingkat kepercayaan awal, serta keterlibatan pengguna terbukti berperan penting dalam mendorong adopsi aplikasi Wondr by BNI. Kata kunci: Wondr by BNI, Electronic Word of Mouth, Elaboration Likelihood Model, Mobile Banking, PLS-SEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPratama, AristaNPT17119910320052UNSPECIFIED
Thesis advisorSuryanto, Tri Lathif MardiNIP19890225 2021211001UNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Silvia Ayu Ningtyas
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:08
Last Modified: 02 Jun 2025 03:08
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36840

Actions (login required)

View Item View Item