PREDIKSI JUMLAH PEMBELIAN DI KEDAI KOPI AREA KOTA SURABAYA DENGAN METODE CATBOOST BERBASIS GUI REACTJS

Calvien Danny, Nariyana (2025) PREDIKSI JUMLAH PEMBELIAN DI KEDAI KOPI AREA KOTA SURABAYA DENGAN METODE CATBOOST BERBASIS GUI REACTJS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
21083010040_Cover.pdf

Download (720kB)
[img] Text (Bab 1)
21083010040_Bab 1.pdf

Download (69kB)
[img] Text (Bab 2)
21083010040_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2028.

Download (869kB)
[img] Text (Bab 3)
21083010040_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2028.

Download (411kB)
[img] Text (Bab 4)
21083010040_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2028.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5)
21083010040_Bab 5.pdf

Download (18kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21083010040_Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text (Lampiran)
21083010040_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 27 May 2028.

Download (744kB)

Abstract

Konsumsi kopi di Indonesia menunjukkan tren peningkatan yang stabil dalam lima tahun terakhir. Pada tahun 2015, konsumsi kopi mencapai 265 ribu ton, dan pada tahun 2020 meningkat menjadi 294 ribu ton, dengan rata-rata kenaikan tahunan sebesar 2% dan pada proyeksi konsumsi dalam negeri pada tahun 2024 mencapai 368.000 ton. Penelitian ini bertujuan untuk membuat website prediksi jumlah pembelian kedai kopi Area kota Surabaya dengan metode Catboost berbasis GUI Reactjs dengan perbandingan metode LightGBM . Metode penelitian yang digunakan melibatkan enam tahapan utama yaitu pengumpulan data dari wawancara dan kuisioner pemilik,karyawan dan pembeli kedai kopi third new era dan data laporan keuangan beberapa kedai kopi terkait, pembacaan dataset, eksplorasi data sederhana, preprocessing data, pembangunan model prediksi, serta evaluasi model menggunakan data pengujian dan hasil akhir berupa pembangunan website prediksi. Dataset jumlah pembelian kedai kopi diambil dari wawancara dan kuisioner pemilik,karyawan dan pembeli kedai kopi third new era serta data laporan keuangan beberapa kedai kopi terkait dan kemudian melalui tahap preprocessing untuk membersihkan serta menyiapkan data untuk analisis lebih lanjut. Model utama yaitu Catboost dan LightGBM sebagai perbandingan dibangun menggunakan data yang telah diproses dan hasil dari evaluasi model menunnjukkan Catboost sebagai model terbaik untuk memprediksi pembelian di kedai kopi Surabaya, dengan MAE 0,91, RMSE 0.91, MSE 2.31 dan MAPE 15%, melampaui LightGBM (MAE 1,13,RMSE 1,1, MSE 2.9, dan MAPE 18%). Catboost dioptimalkan menggunakan Ordered Target Statistic Encoding dan Leave One Out Cross Validation. Penelitian ini juga menyertakan antarmuka ramah pengguna, memudahkan kedai kopi dalam mengelola stok, mengidentifikasi pasar sasaran, berinovasi sesuai preferensi pelanggan, dan menyusun strategi bisnis yang akurat menggunakan Reactjs sebagai tampilan website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMohammad, Idhom19830310 202121 1 006UNSPECIFIED
Thesis advisorTrimono, Trimono19950908 202203 1 003UNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Data Science
Depositing User: Calvien Danny Nariyana
Date Deposited: 27 May 2025 06:41
Last Modified: 27 May 2025 06:41
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36542

Actions (login required)

View Item View Item