Salsabila, Reisa Najma (2025) PEMETAAN GLOBAL MUSIC VALUE CHAIN PADA ALBUM “GOLDEN” JUNGKOOK BTS OLEH BIG HIT MUSIC TAHUN 2023-2024. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (21044010090_Reisa Najma Salsabila_Cover)
21044010090_Reisa Najma Salsabila_Cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (21044010090_Reisa Najma Salsabila_BAB I)
21044010090_Reisa Najma Salsabila_BAB I.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text (21044010090_Reisa Najma Salsabila_BAB II)
21044010090_Reisa Najma Salsabila_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text (21044010090_Reisa Najma Salsabila_BAB III)
21044010090_Reisa Najma Salsabila_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2028. Download (736kB) |
![]() |
Text (21044010090_Reisa Najma Salsabila_BAB IV)
21044010090_Reisa Najma Salsabila_BAB IV.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text (21044010090_Reisa Najma Salsabila_Daftar Pustaka)
21044010090_Reisa Najma Salsabila_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2028. Download (509kB) |
Abstract
Big Hit Music merupakan sebuah label musik asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan HYBE Corporation. Label ini telah sukses mendebutkan BTS sebagai boygroup yang berhasil meraih popularitas global melalui musik yang diproduksinya. Pada November 2023, Jungkook yang merupakan anggota dari BTS merilis album solo pertamanya yang berjudul “Golden”. Album ini telah menduduki peringkat pertama sebagai album soloist yang paling banyak terjual dengan total penjualan sebanyak 2,14 juta copy di hari pertama rilis. Dalam menghadapi industri musik global yang semakin dinamis, perusahaan perlu melakukan upaya dalam memaksimalkan potensi musik mereka agar dapat diterima di pasar global. Big hit Music sebagai perusahaan industri musik telah menginplementasikan konsep Global Music Value Chain sebagai strategi bisnis perusahaan. Hal ini dapat dilihat pada proses produksi album Golden yang melakukan kolaborasi dengan berbagai musisi luar. Penelitian ini berfokus pada analisis strategi yang diambil oleh Big Hit Music dalam produksi album “Golden” yang mencakup proses kreasi, produksi, distribusi, eksibisi, serta fungsi pendukung lainnya dalam upaya meraih pangsa pasar global. Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti memetakan adanya kolaborasi lintas negara yang dilakukan Big Hit Music dalam memproduksi album golden berdasarkan konsep Global Music Value Chain. Kata Kunci: Pop Culture, Global Music Value Chain, Big Hit Music
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | J Political Science > JZ International relations | ||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations | ||||||||
Depositing User: | Reisa Najma Salsabila | ||||||||
Date Deposited: | 20 May 2025 08:20 | ||||||||
Last Modified: | 20 May 2025 08:20 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/36258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |