PRAWIRA, KEVIN (2025) PERENCANAAN JALUR GANDA (DOUBLE TRACK) LINTASAN KERETA API PADA EMPLASEMEN STASIUN BOHARAN – STASIUN SEPANJANG (KM 33+867 – KM 24+167). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (COVER)
18035010047_COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
18035010047_BAB 1.pdf Download (739kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
18035010047_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 13 March 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
18035010047_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 13 March 2028. Download (322kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
18035010047_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 13 March 2028. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 5)
18035010047_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only until 13 March 2028. Download (116kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18035010047_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
18035010047_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 13 March 2028. Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Kereta api adalah sarana perkeretaapian dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana perkeretaapian lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di jalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api. Kondisi eksisting pada lintasan Boharan – Sepanjang masih menggunakan jalur tunggal menyebabkan keberangkatan dan kedatangan kereta api terlambat. Oleh karena itu dilakukan perencanaan jalur ganda kereta api pada lintas Boharan – Sepanjang untuk mengurangi resiko kecelakaan kereta api, meningkatkan layanan transportasi kereta api, dan mengatasi jadwal keterlambatan kereta api pada lintas Stasiun Boharan – Stasiun Sepanjang. Metode penyelesaian yang digunakan adalah perhitungan pembebanan jalan rel, perencanaan geometrik jalan rel meliputi alinemen horizontal dan alinemen vertikal, perhitungan struktur jalan kereta api sesuai dengan Peraturan Dinas No.10 Tahun 1986 tentang Perencanaan Konstruksi Jalan Rel dan Peraturan Menteri No.60 Tahun 2012 Tentang Teknis Jalur Kereta Api, perencanaan saluran drainase, membuat gambar rencana. Dari hasil analisis dan perencanaan konstruksi jalan rel termasuk kelas jalan rel I dengan tipe rel rencana R54, sambungan tipe rel R54 dengan fish bold plate dengan dimensi 560 mm x 79,4 mm x 20 mm, menggunakan penambat pandrol E-Clip, bantalan rel menggunakan beton prategang tipe N-67 dari PT. WIKA Beton. Wesel direncanakan nomor 10 dengan kecepatan izin 35 km/ jam. Dimensi struktur bawah diperoleh tebal lapisan ballast 30 cm dan tebal lapisan sub-ballast 50 cm. Lapisan subgrade direncanakan timbunan setinggi 2,14 meter dari permukaan tanah asli dengan kemiringan 1:1,5 menggunakan tanah granular dan direncanakan penambahan lapisan geotekstil sebanyak tujuh lapis jenis geotekstil woven. Perencanaan geometrik jalan rel kereta api dibedakan menjadi 2 yakni alinemen horizontal menggunakan lengkungan tipe SCS (Spiral-Circle-Spiral) diperoleh hasil analisis peninggian rel sebesar 40 mm, dan alinemen vertikal dengan elevasi rel tertinggi terletak pada KM 33+900 – KM 33+650 sebesar +11,054 meter. Saluran drainase direncanakan menggunakan U-Ditch dengan dimensi penampang lebar 60 cm, tinggi 80 cm, dan panjang 120 cm.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering | ||||||||
Depositing User: | Kevin Prawira | ||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2025 07:39 | ||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2025 07:39 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/35661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |