ANALISIS STRATEGI GLOBAL MARKETING DISNEY PLUS DI KOREA SELATAN: STUDI KASUS K-DRAMA “MOVING” TAHUN 2023-2024

Setyawan, Stephanie Sheren (2025) ANALISIS STRATEGI GLOBAL MARKETING DISNEY PLUS DI KOREA SELATAN: STUDI KASUS K-DRAMA “MOVING” TAHUN 2023-2024. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
21044010122_Stephanie Sheren Setyawan_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
210440122_Stephanie Sheren Setyawan_BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text (BAB II)
21044010122_Stephanie Sheren Setyawan_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
21044010122_Stephanie Sheren Setyawan_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
21044010122_Stephanie Sheren Setyawan_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21044010122_Stephanie Sheren Setyawan_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran internasional Disney+ dalam memperluas jangkauan pasarnya melalui pemanfaatan budaya populer Korea Selatan. Dalam memasuki pasar Korea Selatan, Disney+ mengadopsi strategi adaptasi dengan berkolaborasi bersama mitra lokal untuk memproduksi konten yang selaras dengan budaya dan preferensi masyarakat setempat. Salah satu contoh keberhasilan strategi ini adalah serial K-drama Moving, yang diadaptasi dari Webtoon dan berhasil meraih 6 penghargaan di Asia Contents Awards & Global OTT Awards 2023. Serial ini mengisahkan tentang sekelompok agen intelijen yang berusaha melindungi anak-anak mereka dari potensi eksploitasi oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan konsep bauran pemasaran 7P untuk menganalisis penerapan strategi tersebut. Pada unsur product, Disney+ menghadirkan serial lokal seperti Moving yang mengusung cerita, bahasa, dan budaya Korea. Dari unsur price, Disney+ menyesuaikan tarif berlangganan dengan mata uang lokal dan menawarkan paket bundling serta diskon khusus. Dalam place, Disney+ menggandeng mitra lokal seperti LG U+, KT Mobile, dan MBC. Strategi promosi dilakukan melalui media sosial resmi Disney+ Korea (@disneypluskr). Untuk unsur people, Disney+ bekerja sama dengan kreator, sutradara, dan aktor Korea. Pada proses produksi, Disney+ berkolaborasi dengan tim lokal untuk memastikan kualitas dan relevansi konten. Sementara itu, pada physical evidence, Disney+ menyesuaikan fitur layanan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal. Secara umum, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi adaptasi berbasis budaya lokal menjadi salah satu kunci keberhasilan Disney+ di Korea Selatan. Kata kunci: global marketing, disney plus, korea selatan, moving

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRasyidah, ResaNIDN198610312021212001resa_rasyidah.hi@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of International Relations
Depositing User: Stephanie Sheren Setyawan
Date Deposited: 13 Mar 2025 05:01
Last Modified: 13 Mar 2025 05:01
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/35582

Actions (login required)

View Item View Item