Setyabudi, Sugeng (2025) ANALISIS SENTIMEN PENILAIAN PENGGUNA MARKETPLACE LAZADA DENGAN METODE NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
![]() |
Text (Cover)
21032010002-cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
21032010002-bab1.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
21032010002-bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 12 March 2030. Download (520kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
21032010002-bab3.pdf Restricted to Repository staff only until 12 March 2030. Download (279kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
21032010002-bab4.pdf Restricted to Repository staff only until 12 March 2030. Download (708kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
21032010002-bab5.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
21032010002-daftarpustaka.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
21032010002-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 12 March 2030. Download (587kB) |
Abstract
Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM) digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis persepsi pengguna terhadap pasar Lazada. Untuk meningkatkan layanan dan strategi bisnis, penting untuk memahami perasaan pelanggan. Data dikumpulkan melalui scraping web, yang menghasilkan 5.261 komentar yang dibagi menjadi dua puluh persen data uji dan delapan puluh persen data latih. Tahapan preprocessing mencakup pembersihan teks, normalisasi huruf, penghapusan kata tidak penting,tokenisasi, dan stemming agar data lebih terstruktur. Hasil analisis menunjukkan bahwa SVM memiliki akurasi lebih tinggi, yakni 75%, dibandingkan dengan Naïve Bayes yang mencapai 72%. Confusion matrix mengonfirmasi bahwa SVM lebih akurat dalam mengklasifikasikan sentimen positif, netral, dan negatif. Dari visualisasi word cloud, ditemukan bahwa keluhan utama pengguna berkaitan dengan aplikasi yang sering bermasalah, keterlambatan pengiriman, produk yang tidak sesuai dengan deskripsi, kendala dalam proses pembayaran, serta pengalaman belanja yang kurang memuaskan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi Lazada untuk meningkatkan kualitas layanan dengan memperbaiki stabilitas aplikasi, mengoptimalkan logistik, memastikan keakuratan produk yang dijual, serta menyederhanakan proses pembayaran. Dengan perbaikan ini, diharapkan tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap Lazada dapat meningkat. Kata Kunci - Analisis Sentimen, Marketplace, Naïve Bayes, Support Vector Machine.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Naive Bayes, Support Vector Machine | ||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering | ||||||||
Depositing User: | Sugeng Setyabudi | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:40 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:40 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/35522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |