Wibowo, Sulistyo Arief (2025) IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENGANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DI CV RIZQI ANHU KEMALA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Undergraduate thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 13 March 2030. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 13 March 2030. Download (41kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 13 March 2030. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 13 March 2030. Download (1MB) |
Abstract
CV XYZ adalah toko ritel yang berlokasi di Jl. Tidar, Surabaya, Jawa Timur, yang mengkhususkan diri dalam perdagangan produk bahan kimia industri dan rumah tangga. Untuk tetap kompetitif di tengah kemajuan teknologi yang pesat dan meningkatnya persaingan di wilayah tersebut, CV XYZ telah mengadopsi penjualan online melalui platform Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pembelian konsumen menggunakan algoritma Apriori berdasarkan data transaksi penjualan. Berdasarkan analisis, terdapat lima pola pembelian yang teridentifikasi: (1) jika Silicon Oil dibeli, maka Counterdust juga akan dibeli dengan nilai support sebesar 0,391 dan nilai confidence sebesar 0,818; (2) jika Cocamidopropyl Betain dibeli, maka Counterdust juga akan dibeli dengan nilai support sebesar 0,391 dan nilai confidence sebesar 0,857; (3) jika Car Shampoo dibeli, maka Counterdust juga akan dibeli dengan nilai support sebesar 0,359 dan nilai confidence sebesar 0,868; (4) jika Talc dibeli, maka Counterdust juga akan dibeli dengan nilai support sebesar 0,348 dan nilai confidence sebesar 0,842; dan (5) jika Linear Alkylbenzene Sulfonate dibeli, maka Counterdust juga akan dibeli dengan nilai support sebesar 0,359 dan nilai confidence sebesar 0,892. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik data mining menggunakan algoritma Apriori memberikan pendekatan yang efektif untuk mengidentifikasi pola pembelian konsumen terhadap produk kimia yang dijual secara online melalui platform Shopee. Wawasan ini dapat membantu bisnis dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan proses pengambilan keputusan. Kata Kunci : Apriori, Aturan Asosiasi , Penambangan Data, Produk Kimia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Apriori, Aturan Asosiasi , Penambangan Data, Produk Kimia | ||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Industrial Engineering | ||||||||
Depositing User: | Arief Sulistyo Wibowo | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:01 | ||||||||
Last Modified: | 13 Mar 2025 03:01 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/35521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |