DAMPAK BIAS PERILAKU DENGAN MINAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI ONLINE BAGI GENERASI Z

TYARA, TYARA (2024) DAMPAK BIAS PERILAKU DENGAN MINAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI ONLINE BAGI GENERASI Z. Masters thesis, UPN VETERAN JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (912kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (903kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://ijrp.org/

Abstract

Penting bagi investor generasi Z, untuk meningkatkan kesadaran akan herding bias dan overconfidence bias agar dapat membuat keputusan investasi yang lebih rasional dan mengurangi risiko yang terkait dengan perilaku impulsif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi perilaku investasi generasi Z dan menawarkan wawasan dalam merancang strategi pendidikan dan promosi investasi yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bias perilaku terhadap minat dan keputusan investasi, dengan fokus pada generasi Z sebagai sampel penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 responden, yang semuanya merupakan individu dari generasi Z. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Squares (PLS) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) herding bias berkontribusi dalam pengambilan keputusan investasi, (2) overconfidence bias berkontribusi dalam mengambil keputusan investasi, (3) herding bias berkontribusi dalam minat investasi, (4) overconfidence bias berkontribusi dalam mengambil keputusan investasi individu (5) minat investasi berkontribusi dalam pengambilan keputusan investasi, (6) herding bias berkontribusi dalam pengambilan keputusan investasi melalui minat investasi, (7) overconfidence bias berkontribusi dalam mengambil keputusan investasi melalui minat investasi. Kata Kunci: Herding bias, Overconfidence bias, Minat Investasi, pengambilan Keputusan Investasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorpertiwi, tri kartikaNIDN0020046307kartikapertiwi.mnj@upnjatim.ac.id
UNSPECIFIEDwarmana, gede okaUNSPECIFIEDoka.warmana.mnj@upnjatim.ac.id
Uncontrolled Keywords: Herding bias, Overconfidence bias, Minat Investasi, pengambilan Keputusan Investasi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance. Corporation finance
Divisions: Faculty of Economic > Magister Management
Depositing User: tyara tyara tyara
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:40
Last Modified: 14 Jan 2025 07:40
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/33899

Actions (login required)

View Item View Item