Pramiswari, Safira Najma (2024) ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN MODEL RFM MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS PT DIGITAL KREATIF INTERKONEKSI). Project Report (Praktek Kerja Lapang). FAKULTAS ILMU KOMPUTER, SURABAYA. (Unpublished)
![]() |
Text (cover)
Laporan_PKL_21083010074_cover.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text (bab 1)
Laporan_PKL_21083010074_BAB 1.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text (bab 2)
Laporan_PKL_21083010074_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 3)
Laporan_PKL_21083010074_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (612kB) | Request a copy |
![]() |
Text (bab 4)
Laporan_PKL_21083010074_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (76kB) | Request a copy |
![]() |
Text (daftar pustaka)
Laporan_PKL_21083010074_DAFPUS.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text (lampiran)
Laporan_PKL_21083010074_LAMPIRAN.pdf Download (113kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah cara bisnis beroperasi, khususnya dalam penjualan produk dan layanan. Persaingan semakin ketat, terutama di sektor e-commerce yang berkembang pesat. PT Digital Kreatif Interkoneksi, perusahaan yang fokus pada produk digital dan layanan IT, menghadapi tantangan dalam memonitor dan mengoptimalkan penjualan. Untuk mengatasi hal ini, penulis melakukan praktik lapangan di divisi IT PT Digital Kreatif Interkoneksi dengan menerapkan metode clustering dan segmentasi pelanggan. Dengan menggunakan teknik K-Means Clustering dan model RFM, penelitian ini difokuskan pada analisis Data Transaksi Penjualan Pelanggan di Website Konipay. Hasilnya, dapat dilakukan segmentasi pelanggan menjadi tiga kelompok, meningkatkan pemahaman terhadap perilaku pelanggan, dan membantu optimalisasi penempatan produk di online shop. Melalui segmentasi yang cerdas, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan tingkat loyalitas pelanggan, mengurangi risiko kehilangan calon konsumen, dan mencapai pertumbuhan omset yang lebih baik. Kata Kunci: Penjualan Online, Konipay, Segmentasi Pelanggan, Model RFM, Clustering K-Means.
Item Type: | Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang)) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer Programming T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics |
||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Data Science | ||||||||
Depositing User: | SAFIRA NAJMA PRAMISWARI | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 01:25 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 01:25 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/30829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |