ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN MODEL RFM MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS PT DIGITAL KREATIF INTERKONEKSI)

Pramiswari, Safira Najma (2024) ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN DENGAN MODEL RFM MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS PT DIGITAL KREATIF INTERKONEKSI). Project Report (Praktek Kerja Lapang). FAKULTAS ILMU KOMPUTER, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (cover)
Laporan_PKL_21083010074_cover.pdf

Download (420kB)
[img] Text (bab 1)
Laporan_PKL_21083010074_BAB 1.pdf

Download (115kB)
[img] Text (bab 2)
Laporan_PKL_21083010074_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
Laporan_PKL_21083010074_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
Laporan_PKL_21083010074_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
Laporan_PKL_21083010074_DAFPUS.pdf

Download (102kB)
[img] Text (lampiran)
Laporan_PKL_21083010074_LAMPIRAN.pdf

Download (113kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah cara bisnis beroperasi, khususnya dalam penjualan produk dan layanan. Persaingan semakin ketat, terutama di sektor e-commerce yang berkembang pesat. PT Digital Kreatif Interkoneksi, perusahaan yang fokus pada produk digital dan layanan IT, menghadapi tantangan dalam memonitor dan mengoptimalkan penjualan. Untuk mengatasi hal ini, penulis melakukan praktik lapangan di divisi IT PT Digital Kreatif Interkoneksi dengan menerapkan metode clustering dan segmentasi pelanggan. Dengan menggunakan teknik K-Means Clustering dan model RFM, penelitian ini difokuskan pada analisis Data Transaksi Penjualan Pelanggan di Website Konipay. Hasilnya, dapat dilakukan segmentasi pelanggan menjadi tiga kelompok, meningkatkan pemahaman terhadap perilaku pelanggan, dan membantu optimalisasi penempatan produk di online shop. Melalui segmentasi yang cerdas, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan tingkat loyalitas pelanggan, mengurangi risiko kehilangan calon konsumen, dan mencapai pertumbuhan omset yang lebih baik. Kata Kunci: Penjualan Online, Konipay, Segmentasi Pelanggan, Model RFM, Clustering K-Means.

Item Type: Monograph (Project Report (Praktek Kerja Lapang))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFahrudin, Tresna MaulanaNIP199305012022031007tresna.maulana.ds@upnjatim.ac.id
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer Programming
T Technology > T Technology (General) > T385 Computer Graphics
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Data Science
Depositing User: SAFIRA NAJMA PRAMISWARI
Date Deposited: 19 Jun 2025 01:25
Last Modified: 19 Jun 2025 01:25
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/30829

Actions (login required)

View Item View Item