Hidayat, Rifqi Rahman (2024) Analisa Pengaruh Campuran Bahan Bakar Dan Udara Pada Sistem Pembakaran Kendaraan Terhadap Emisi Gas Buang Serta Pada Performa Mesin. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20036010015 - Rifqi Rahman - Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
20036010015 -Rifqi Rahman - Bab 1.pdf Download (411kB) |
|
Text (Bab 2)
20036010015 -Rifqi Rahman - Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only until 13 September 2026. Download (754kB) |
|
Text (Bab 3)
20036010015 -Rifqi Rahman - Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until 13 September 2026. Download (563kB) |
|
Text (Bab 4)
20036010015 -Rifqi Rahman - Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only until 13 September 2026. Download (769kB) |
|
Text (Bab 5)
20036010015 -Rifqi Rahman - Bab 5.pdf Download (399kB) |
|
Text
20036010015 -Rifqi Rahman - Daftar Pustaka.pdf Download (410kB) |
|
Text
20036010015 -Rifqi Rahman - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 13 September 2026. Download (1MB) |
Abstract
Pada variasi campuran udara dan bahan bakar ini dilakukan sedikit perubahan rasio campuran antara udara dan bahan bakar untuk mengetahui apakah ada perbedaaan nilai emisi gas buang,performa mesin dan konsumsi bahan bakar. Untuk mrnghindari kerusakan fatal yang terjadi dalam proses penelitian maka akan dilakukan sedikit saja variasi campurannya yaitu AFR (Air Flow Ratio) 13,5 : 1 dan 15,5 : 1. AFR ini biasanya sering digunakan oleh masyarakat untuk menghemat dan menaikkan performa mesin. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang mengungkap dampak yang terjadi dari perubahan rasio campuran udara dan bahan bakar. Dari hasil penelitian didapat nilai emisi gas buang CO dan HC mengalami peningkatan saat dirubah variasinya dari nilai standar. Konsumsi bahan bakar berdasar nilai lambda juga mengalami perubahan. Perubahan yang paling terasa adalah pada performa mesin yaitu pada AFR 13,5 udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih sedikit sehingga proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih tidak stabil dan mengakibatkan suara ketukan didalam mesin. Konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih boros dari biasanya karena proses pembakarannya tidak sempurna. Sedangkan pada AFR 15,5 performa mesin meningkat karena udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih banyak dari standar. Akan tetapi karena udara yang masuk lebih banyak maka dibutuhkan bahan bakar yang lebih banyak juga dalam proses pembakarannya. Dampak pada mesin adalah mudah panas,konsumsi bahan bakar meningkat dan juga emisi gas buang meningkat cukup signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery | ||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Departement of Mechanical Engineering | ||||||||
Depositing User: | Rifqi Rahman Hidayat | ||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2024 01:54 | ||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2024 01:54 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/29009 |
Actions (login required)
View Item |