Pengembangan Gim Edukasi RuneLogica Untuk Memahami Gerbang Logika Pada Mata Kuliah Sistem Digital

Pratama, Linggar Bhakti (2024) Pengembangan Gim Edukasi RuneLogica Untuk Memahami Gerbang Logika Pada Mata Kuliah Sistem Digital. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (Cover)
20081010185-cover.pdf

Download (600kB)
[img] Text (BAB 1)
20081010185-bab1.pdf

Download (12kB)
[img] Text (BAB 2)
20081010185-bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2026.

Download (270kB)
[img] Text (BAB 3)
20081010185-bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2026.

Download (871kB)
[img] Text (BAB 4)
20081010185-bab4.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2026.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
20081010185-bab5.pdf

Download (5kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20081010185-daftarpustaka.pdf

Download (18kB)
[img] Text (Lampiran)
20081010185-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gim edukasi RuneLogica yang menggabungkan konsep gerbang logika dengan elemen gim seperti karakter, cerita, tantangan, dan hadiah. Sistem digital menggunakan bilangan biner untuk merepresentasikan informasi dan melakukan operasi logika. Konsep dasar dalam sistem digital adalah gerbang logika, yang mengambil input biner dan menghasilkan output berdasarkan fungsi boolean. Metodologi yang digunakan dalam mengembangkan gim RuneLogica menggunakan Interactive, Digital, Narratives (IDN), terdapat tiga fase dalam proses pengembangan IDN, yaitu Informational Requirements, General Design, dan Detailed Design. Pengujian RuneLogica menggunakan pretest dan posttest untuk menguji efektivitas dari ketersampaian edukasi gerbang logika dengan menggunakan perhitungan N-Gain Score diperoleh 0,7540354 dan efektivitas dalam kategori Tinggi serta presentase yang diperoleh ialah 77,5561626 % menunjukkan bahwa gim ini termasuk dalam kategori Efektif. Pengujian evaluasi keefektifan aspek teknis gim menggunakan faktor GUESS-18 dengan kuesioner dari lima belas item GUESS-18 diperoleh presentase 82,63039 % yang menunjukkan bahwa hasil pengujian gim RuneLogica termasuk dalam kategori Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAtmaja, Pratama WiryaNIDN0006018407pratama_wirya.fik@upnjatim.ac.id
Thesis advisorSihananto, Andreas NugrohoNIDN0012049005andreas.nugroho.jarkom@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Informatics
Depositing User: Linggar Bhakti Pratama
Date Deposited: 17 Sep 2024 05:14
Last Modified: 17 Sep 2024 05:14
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/28773

Actions (login required)

View Item View Item