RANCANG BANGUN APLIKASI DONOR DARAH DARURAT DONORA BERBASIS ANDROID DENGAN KONSEP GAMIFIKASI MENGGUNAKAN KOTLIN

AryaRafa, Daud (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI DONOR DARAH DARURAT DONORA BERBASIS ANDROID DENGAN KONSEP GAMIFIKASI MENGGUNAKAN KOTLIN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Text (Cover)
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (197kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (858kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Donor darah adalah tindakan sukarela yang sangat penting untuk menyelamatkannyawamanusia. Namun, di Indonesia, masih terdapat masalah serius terkait kurangnya pasokandarahyang memadai. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran dan koordinasi dalamkegiatan donor darah. Aplikasi Donora dikembangkan menggunakan Kotlin denganAndroidStudio. Konsep gamifikasi diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan penggunadalam donor darah. Donora memanfaatkan metode pengembangan SCRUM, yang memungkinkan pengembanganyang lebih cepat dan adaptif. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi masalah lambatnyaprosespermintaan darah dengan fitur push-notification dan pelacakan stok darah secara real-time. Hal ini diharapkan dapat mempercepat pencarian pendonor dan meningkatkan efisiensi layanandonor darah. Penelitian ini mengharapkan bahwa aplikasi Donora akan memberikan solusi inovatif untukmeningkatkan partisipasi donor darah dan memanfaatkan konsep gamifikasi untuk mencapai tujuan kesehatan yang lebih besar dengan meningkatkan minat pengguna untuk melakukandonor darah dimana fokus gamifikasinya ada pada sistem leveling dan reward point yangdilakukan oleh penggguna. Pengembangannya mengikuti pendekatan Scrum dengan 5 iterasi sprint. Pengujianaplikasi dilakukan secara manual dengan metode black box, dan hasilnya memuaskan. Implementasi dilakukan dengan memindahkan sistem ke cloud hosting server, memungkinkan akses online, dan meningkatkan ketersediaan layanan bagi masyarakat. Hasil pengujian dari pembuatan aplikasi ini didaptkan bahwa keseluruhan Product Backlogsudah di penuhi dan teruji menggunakan test case yang disediakan oleh Quality Assurancedimana keseluruhan fitur sudah lolos pengetesan , dan hasilnya memuaskan. Kata kunci— scrum,mobile apps,kotlin,gamifikasi,android,transfusi darah,stok darah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEka Dyar, WahyuniNIDNUNSPECIFIED
Thesis advisorAmalia Anjani, ArifiyantiNIDNUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems
Depositing User: Daud Arya Rafa
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:20
Last Modified: 03 Sep 2024 03:20
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/28686

Actions (login required)

View Item View Item