KUALITAS PELAYANAN PROGRAM JEMPUT BOLA TERPADU OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO

Marfiati, Reza Fahrur (2023) KUALITAS PELAYANAN PROGRAM JEMPUT BOLA TERPADU OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8 (2). pp. 204-211. ISSN 2622-934X

[img] Text (Reza Fahrur Marfiati_KUALITAS PELAYANAN PROGRAM JEMPUT BOLA TERPADU OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO)
KUALITAS PELAYANAN PROGRAM JEMPUT BOLA TERPADU SIDOARJO YANG GEMILANG (JEBETE SAYANG) OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO BAGI MASYARAKAT DI DESA GEDANG KECAMATAN PORONG.docx

Download (92kB)

Abstract

Upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar warga negaranya yaitu melalui pelayanan publik. Dimana posisi aparatur negara sebagai pemberi layanan harus berorientasi kepada pelayanan yang optimal dan kepuasan masyarakat menjadi hal yang harus diutamakan. Namun permasalahan dalam melakukan pelayanan masih sering terjadi seperti halnya yaitu pelayanan yang berbelit-belit, lambat, dan tidak ramah masih kerap dirasakan oleh masyarakat. Adapun faktor yang menyebabkan hal ini terjadi biasanya akibat dari SDM yang rendah, budaya birokrasi yang mengakar, dan lemahnya implementasi kebijakan. Oleh karena itu upaya dalam memberikan pelayanan yang optimal harus diusahakan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dispendukcapil kab. Sidoarjo yaitu melalui program Jemput Bola Terpadu. Jempu Bola Terpadu merupakan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan dengan cara mendatangi lokasi yang hendak dituju seperti kecamatan, balai desa, maupun kelurahan. Program ini bertujuan untuk mendorong inovasi daerah dalam melakukan pelayanan, khususnya masyarakat yang terkendala jarak dalam melakukan kepengurusan administrasi kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa kualitas pelayanan dari program Jemput Bola Terpadu yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari program Jemput Bola Terpadu ini cukup baik dan efektif dalam membantu masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorReviandani, Oktarizka196902101993032001oktarizka.r.adneg@upnjatim.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Departement of Public Administration
Depositing User: reza fahrur marfiati
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:20
Last Modified: 30 Jul 2024 02:20
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27947

Actions (login required)

View Item View Item