Ramadhan, Muhammad Rizki (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA JASA PENGIRIMAN BARANG YANG MENGALAMI KERUGIAN AKIBAT KONSUMEN TIDAK MEMBAYAR BIAYA PENGIRIMAN BARANG. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.
Text (COVER)
20071010298_COVER SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 1)
20071010298_BAB 1.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2)
20071010298_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2026. Download (434kB) |
|
Text (BAB 3)
20071010298_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2026. Download (246kB) |
|
Text (BAB 4)
20071010298_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2026. Download (72kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
20071010298_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20071010298_LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2026. Download (3MB) |
Abstract
Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Yang merupakan perlindungan hukum yang didapat oleh pelaku usaha dalam menjalankan aktivitas usahanya. Dalam menjalankan kegiatan usahanya pelaku usaha memiliki hak dan kewajibannya yang harus dilaksanakan dengan baik. Pelaku usaha yang mengalami kerugian akibat konsumen tidak membayar biaya jasa pengiriman barang memiliki hak yang harus terpenuhi. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah pelaku usaha dirugikan atas tindakan konsumen yang tidak membayar biaya jasa pengiriman yang telah disepakati oleh masing-masing pihak. Atas tindakan yang dilakukan oleh konsumen maka pelaku usaha mengalami kerugian dan tidak mendapatkan haknya dan konsumen telah dianggan melakukan tindakan wanprestasi dalam hukum perdata. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa kedudukan pelaku usaha yang mengalami kerugian atas tindakan konsumen yang tidak membayar biaya jasa pengiriman barang memiliki kedudukan yang lebih diuntungkan karena pelaku usaha telah melaksanakan kewajibannya dengan memenuhi prestasi yang ada. Pelaku usaha memiliki perlindungan hukum secara preventif dan perlindungan hukum secara represif dan mendapatkan hak melakukan upaya hukum sesuai dengan aturan yang ada pada undang-undang perlindunga konsumen. Kata Kunci: Perlindungan Hukum; Pelaku Usaha; Perlindungan Konsumen; Kerugian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Law | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Rizki Ramadhan | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:52 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:52 | ||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27309 |
Actions (login required)
View Item |