Kusumaningayu, Apriliana Pramesinta (2024) EVALUASI WEBSITE E-COMMERCE TOKOPEDIA.COM MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IPA. Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.
Text (Cover)
20082010146_Cover.pdf Download (891kB) |
|
Text (Bab 1)
20082010146_BAB I.pdf Download (121kB) |
|
Text (Bab 2)
20082010146_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
20082010146_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
20082010146_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
20082010146_BAB V.pdf Download (11kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20082010146_Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text (Lampiran)
20082010146_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam era globalisasi, kemajuan teknologi informasi sangat mempengaruhi berbagai aspek, terutama e-commerce. Data dari SimilarWeb Januari-Desember 2023 menunjukkan lima e-commerce terpopuler: Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak. Tokopedia adalah e-commerce asli Indonesia, yang dibangun buntuk mencapai pemerataan ekonomi digital, terutama untuk UMKM. Survei Goodstats 2023 menunjukkan Tokopedia menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dengan 44% suara, meski berada di peringkat kedua dalam kunjungan website. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi indikator yang perlu diperbaiki Tokopedia agar menjadi e-commerce paling sering dikunjungi dan top of mind masyarakat Indonesia. Pengukuran dilakukan menggunakan WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis dengan 400 responden yang berbelanja di Tokopedia dalam 3 bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesesuaian rata-rata 95,6% dan gap analysis -0,1575, menunjukkan website Tokopedia belum memenuhi harapan pengguna. Berdasarkan kuadran IPA, ada 4 indikator di kuadran I yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki, 10 indikator di kuadran II yang sudah sesuai harapan pengguna, 6 indikator di kuadran III yang perlu dipertahankan namun tetap berpotensi untuk perbaikan, dan 5 indikator di kuadran IV yang kinerjanya berlebihan dan diprioritaskan untuk mengalihkan sumber daya ke kuadran I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management Information Systems | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Computer Science > Departemen of Information Systems | ||||||||||||
Depositing User: | Apriliana Pramesinta Kusumaningayu | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:29 | ||||||||||||
URI: | https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/27260 |
Actions (login required)
View Item |