PERLINDUNGAN BAGI DRIVER GOJEK DALAM MENGHADAPI PEMESANAN FIKTIF PADA LAYANAN GOFOOD DAN GOMART MELALUI APLIKASI GOJEK (STUDI KASUS DI SIDOARJO)

NINGTYAS, WINDY JULI ASTUTI (2024) PERLINDUNGAN BAGI DRIVER GOJEK DALAM MENGHADAPI PEMESANAN FIKTIF PADA LAYANAN GOFOOD DAN GOMART MELALUI APLIKASI GOJEK (STUDI KASUS DI SIDOARJO). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img] Other (Cover)
20071010014_COVER.PDF

Download (16MB)
[img] Text (BAB I)
20071010014_BAB 1.pdf

Download (792kB)
[img] Text (Bab 2)
20071010014_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2027.

Download (638kB)
[img] Text (BAB III)
20071010014_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2027.

Download (429kB)
[img] Text (BAB IV)
20071010014_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2027.

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20071010014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20071010014_Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2027.

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perlindungan bagi driver Gojek dalam mengahadapi pemesanan fiktif pada layanan Gofood dan Gomart oleh PT. Gojek Indonesia serta upaya yang dapat dilakukan oleh driver Gojek ketika mendapat pemesanan fiktif. Latar belakang penulisan penelitian ini diangkat dari permasalahan pemesanan fiktif yang makin mari makin meningkat sehingga merugikan bagi driver Gojek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Yuridis-empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus (case study). Bahan hukum bersumber dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, serta bahan non-hukum. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan studi lapangan serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa PT. Gojek Indonesia memberikan upaya perlindungan bagi driver Gojek tetapi dalam pelaksanaannya masih belum efektif memberikan perlindungan bagi driver Gojek. Praktik pemesanan fiktif merugikan bagi driver Gojek sehingga ketika mendapat pemesanan fiktif driver Gojek dapat melakukan upaya non-litigasi berupa upaya pembekuan akun konsumen yang terlibat pemesanan fiktif dan upaya litigasi melalui gugatan ganti rugi atas wanprestasi yang dilakukan oleh konsumen dengan melakukan pemesanan fiktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSUHARTO, MIKO ADITIYANIDN0021079105miko.aditiya.ih@upnjatim.ac.id
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: Windy Juli Astuti Ningtyas
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:19
Last Modified: 19 Jul 2024 08:19
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/26669

Actions (login required)

View Item View Item