PERENCANAAN JALUR GANDA (DOUBLE TRACK) LINTASAN KERETA API PADA EMPLASEMEN STASIUN MOJOKERTO – STASIUN BOHARAN (KM 57+358 - KM 33+867)

Meidianto, Raynaldi (2024) PERENCANAAN JALUR GANDA (DOUBLE TRACK) LINTASAN KERETA API PADA EMPLASEMEN STASIUN MOJOKERTO – STASIUN BOHARAN (KM 57+358 - KM 33+867). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jawa Timur.

[img] Text (COVER)
COVER RAYNALDI MEIDIAN1O - 18035010060.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.

Download (212kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS), pada tahun 2030 terdapat peningkatan jumlah perjalanan penumpang kereta api di Pulau Jawa yaitu sebesar 858,5 juta orang/tahun. Kapasitas lintas rel kereta api pada jalur Mojokerto – Boharan kurang memadai, karena masih menggunakan jalur tunggal yang memprioritaskan perjalanan kereta api pada kelas tertentu. Oleh karena itu, dilakukan perencanaan jalur ganda rel kereta api pada lintas Mojokerto – Boharan agar jalur kereta api dapat digunakan untuk perjalanan dengan arah yang berbeda. Metode penyelesaian yang digunakan adalah perhitungan pembebanan jalan rel, perencanaan geometri jalan rel meliputi alinemen horizontal dan alinemen vertikal, perhitungan struktur jalan kereta api sesuai dengan Peraturan Dinas No.10 Tahun 1986 tentang Perencanaan Konstruksi Jalan Rel dan Peraturan Menteri No.60 Tahun 2012 Tentang Teknis Jalur Kereta Api, perencanaan saluran drainase, membuat gambar rencana. Dari hasil analisis dan perencanaan konstruksi jalan rel termasuk kelas jalan rel II dengan tipe rel rencana R54, sambungan tipe rel R54 menggunakan fish bold plate dengan dimensi 560 mm x 79,4 mm x 20 mm, penambat rel menggunakan pandrol E-Clip, bantalan rel menggunakan beton prategang tipe N-67 dari PT. WIKA Beton. Pada sistem wesel direncanakan wesel nomor 10 dengan kecepatan izin 35 km/jam. Dimensi struktur bawah diperoleh tebal lapisan ballast 30 cm dan tebal lapisan sub-ballast 50 cm. Lapisan subgrade direncanakan timbunan setinggi 2,14 meter dari permukaan tanah asli dengan kemiringan 1:1,5 menggunakan tanah granular dan direncanakan penambahan lapisan geotekstil sebanyak tujuh lapis jenis geotekstil non-woven. Untuk perencanaan geometrik jalan rel kereta api terbagi menjadi 2 antara lain yang pertama, pada alinemen horizontal menggunakan lengkung tipe SCS (spiral-circle-spiral) diperoleh hasil perhitungan peninggian rel sebesar 40 mm, dan yang kedua pada alinemen vertikal dengan elevasi rel tertinggi terletak pada KM 53+400 – KM 51+700 sebesar +22,788 meter. Saluran drainase direncanakan menggunakan U-ditch dengan dimensi lebar 60 cm, tinggi 80 cm, dan panjang 120 cm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUtomo, NugrohoNIDN0717017501nugroho.ts@upnjatim.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Departement of Civil Engineering
Depositing User: Raynaldi Meidianto
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:37
Last Modified: 19 Jul 2024 07:37
URI: https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/26583

Actions (login required)

View Item View Item